7 aplikasi yang wajib ada di Smartphone kamu saat bulan Ramadhan

Aplikasi wajib bulan Ramadhan. Ramadhan adalah Bulan penuh berkah, dimana setiap kebaikan yang kita perbuat akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Tapi bagaimana jika kita sudah kecanduan gadget? Smartphone yang setiap detik, setiap menit kita mainin?

Tenang, emang ga bisa dipungkiri kalo sekarang kita ga bisa lepas dari yang namanya Smartphone. Namun, bukan berarti kita harus melupakan kewajiban ibadah dan mencari pahala sebanyak-banyaknya disaat bulan Ramadhan seperti saat ini kan?

Sebelumnya, perlu saya sampaikan bahwa, faktanya pengguna mobile Phone di Indonesia 94% mempercayakan OS (Operating System)nya kepada Android daripada iOS, Windows Phone atau Blackberry. Jadi, aplikasi-aplikasi yang akan saya bahas memang rata-rata compatible dengan OS Android.

So, berikut saya akan coba mulai memberi review beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat dan bisa membuat semakin tebalnya iman kita di bulan Ramadhan. Apa saja itu, check this out..!


Al Quran Indonesia

Aplikasi wajib bulan Ramadhan yang pertama adalah Al Quran Indonesia yang merupakan aplikasi besutan dari Andi Unpam. Sebenarnya cukup banyak juga aplikasi Al Quran ini, tapi sejauh pengamatan saya, ini adalah yang paling recommended.

Alasannya, Aplikasi yang bisa di jalankan dalam OS Android versi 4.0 atau yang lebih tinggi ini cukup sahih diantara aplikasi yang lain. Al Quran Indonesia juga cukup sering update untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ditemukan. Bahkan versi yang sekarang sudah menunjukkan angka 2.6.04 yang update pada 24 Mei 2017 kemarin.

Sebuah Al Quran digital dengan terjemahan Bahasa Indonesia dan audio mp3 murottal full, 114 surah atau 30 juz tanpa pembatasan. Serta tampilan antar muka yang user friendly.

Banyak sekali fitur yang ditawarkan dalam aplikasi Al Quran Indonesia ini,selain menu utama yaitu Bacaan Qur’an, yang dibagi dalam Surah dan Juz, juga menawarkan jadwal sholat yang update sesuai dengan koordinat lokasi kita berada. Jadwal sholat ini juga bisa diatur sebagai alarm yang siap mengingatkan kita pada waktu-waktu shalat.

Selain itu Al Quran Indonesia juga sudah dilengkapi penunjuk arah kiblat dan kalender hijriah. Yang paling penting, Al Quran Indonesia juga tersedia Tulisan latin (Transliterasi) yang tentu akan sangat berguna bagi yang belum bisa atau sedang belajar membaca Al Quran.

Aplikasi ini terbilang cukup mudah untuk dioperasikan, terdapat 5 menu utama di layar utama yang cukup mudah untuk dipahami. Pilihan murottal pun juga bisa disesuaikan keinginan kita, mana saja yang perlu kita unduh.

Tenang, aplikasi yang 100% gratis ini hanya membutuhkan space memory sebesar 47.33MB. Besarkah? Coba bandingkan aja dengan aplikasi Facebook ( 338MB) yang saya yakin pasti terinstal di HP kalian.

http://quranforandroid.com/
Google Play


Panduan Ramadhan 2017

Nah, kali ini aplikasi wajib bulan Ramadhan yang cukup menarik yang sengaja dibangun untuk menyambut Ramadhan 2017. Namanya pun sama, yaitu Panduan Ramadhan 2017.

Panduan Ramadhan 2017 mulai tersediadi play store kemarin, 26 Mei 2017. Karena memang dipersiapkan untuk menyambut Ramadhan tahun ini, maka tidak heran fitur yang ada cukup update.

Berbeda dengan Al Quran Indonesia, Panduan Ramadhan 2017 ini lebih mengedepankan kajian-kajian Islami yang tertata rapi dalam format MP3.

Aplikasi yang dibangun oleh Barokah Studio ini menyajikan Kajian mp3 yang bertema Ramadhan seperti Nasehat Menyambut Ramadhan, Penentuan Waktu Puasa Ramadhan dan Hari Raya, Fiqih Puasa Ramadhan, Hadits-Hadits Seputar Puasa Ramadhan dan masih banyak lagi.

Itu saja? Tentu tidak. Karena Panduan Ramdhan 2017 juga memberikan banyak panduan di bulan Ramadhan yang  terdiri dari: Panduan Ramadhan, Bulan Ramadhan, Amalan Bulan Ramadhan, Kultum Bulan Ramadhan dan  Jadwal Imsyakiyah dan Sholat

Tentu saja aplikasi yang bisa di unduh di Google Play Store secara gratis ini akan sangat berguna terutama bagi para pekerja yang sulit punya waktu untuk menghadiri kajian-kajian umum di Masjid. Sehingga meski dalam bekerja, pahala yang didapat akan terus mengalir.

Aplikasi ini hanya perlu OS Android versi 2.3.3 yang tentu saja akan bisa digunakan di versi yang lebih tinggi. Meskipun banyak menyajikan file MP3, ternyata aplikasi Panduan Ramdhan 2017 hanya membutuhkan ruang sebesar 15.42MB.

Aplikasi yang sangat ringan, gampang digunakan tapi begitu bermanafaat bagi kita. Dan jika Ramadhan usai, feel free aja untuk uninstall aplikasi ini.

Google Play


AhwalNote : Curhat Islami

Suka galau mendadak? Butuh referensi dari Quran dan Hadist? Aplikasi wajib bulan Ramadhan ini bisa memberi jawaban yang kamu butuhkan. Namanya AhwalNote.

Sesuai dengan tagline-nya, curhat Islami, lewat aplikasi ini kalian bisa curhat apa aja yang menurut kamu mengganjal di hati. Tulis aja, maka AhwalNote akan menjawabnya sesuai Quran dan Hadist.

Masih bingung? Gini nih contohnya….. Kalian lagi galau? Coba ketik “Galau”, maka aplikasi akan menampilkan ayat Al-Quran mengenai sabar.

Tenang, bagi yang belum begitu paham bahasa arab, ada pilihan juga untuk bahasa Indonesia, jadi kita bisa langsung tahu maknanya. Atau mau mendengarkan bunyi ayat yang disampaikan? Cukup tekan tombol speakernya.

Nah, selain membantu kita dalam menyikapi suatu keadaan atau kondisi sesuai dengan tuntunan Al-quran dan hadits, aplikasi besutan Crocias Studio ini ternyata juga mempunyai fitur –fitur lain yang nggak kalah menariknya.

Misalnya saja mengenai Adab Rasulullah, shalat, puasa, berpenampilan, sedekah, bahkan mengenai urusan anak muda macam kita. Ketika memilih salah satu kategori, maka akan muncul informasi berupa ayat Al-Quran atau Hadits yang berkaitan dengan kategori tersebut.

Hanya butuh OS Android versi 4.0 keatas untuk bisa mengunduhnya, dan hanya perlu ruang sebesar kurang dari 30MB saja kok.

Google Play


AlarmMon

Dari namanya udah tau donk ini aplikasi apa..?! Yups…., aplikasi wajib bulan Ramadhan kali ini sengaja saya memilih aplikasi alarm, karena emang sebagian dari kita masih susah buat tepat waktu, terutama saat sahur dan di jam-jam sholat wajib.

Aplikasi AlarmMon

Tapi jelas ada yang special dari AlarmMon ini yang lebih dari sekedar alarm. Applikasi pilihan editor Google Play ini punya moto “We’ll keep bothering you until you jump out of bed!” Sadiissss……

Jadi, bagaimana cara AlarmMon memaksa kita untuk beranjak dari tempat tidur sesuai waktu yang kita atur? Dengan bermain game!

Yaps, Aplikasi besutan Malang Studio Co. Ltd ini menyajikan fitur unik berupa game seru ya “harus” diselesaikan saat alarm berbunyi. Jadi, suara alarm akan mati jika kita berhasil menyelesaikan gamenya. Gemes….!!

Untuk menambah semangat bangun dari tempat tidur, AlarmMon menawarkan hadiah berupa point jika kita bisa menyelesaikan gamenya dibawah 20 detik. Dan point yang terkumpul bisa digunakan untuk membeli berbagai game seru lain di aplikasi AlarmMon.

Kalian bisa login menggunakan aku facebook atau Google + untuk mendapatkan fasilitas extra. AlarmMon yang sudah berkembang dengan versi 6.8.3 ini sangat kompatibel dijalankan di OS Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich ) atau yang lebih tinggi.

Nah, ini nih yang paling ditunggu buat para jomblo, he he he…. Membayangkan bintang kpop favorit kamu membangunkan kamu setiap pagi? Jangan khawatir, dengan aplikasi AlarmMon, mereka akan berada di sana untuk kamu di pagi hari!

Tenang, aplikasi ini ga beratkok buat kalaian, karena Malang Studio Co. Ltd membuat AlarmMon ini hanya membutuhkan kapasitas memory sebesar 78.20MB

Oh ya, satu lagi…. Jangan terkecoh dengan nama perusahaannya yaaaa….. meskipun bernama Malang, perusahaan ini bukan berasal dari Indonesia loh, tetapi dari Korea. Maka jangan heran jika artis-artis yang bekerja sama dengan AlarmMon adalah kebanyakan artis kpop.

Google Play


Kisah 25 Nabi dan Rasul

Next, aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam bulan Ramadhan seperti kali ini adalah Kisah 25 Nabi dan Rasul. Jika kalian sedang mencari aplikasi ini di google play store, setidaknya akan ada 100 lebih aplikasi serupa.

Saya  merekomendasikan Kisah 25 Nabi dan Rasul ini karena reviewdari temen-temen yang lain yang cukup banyak juga dan hampir semuannya setuju jika aplikasi ini sangat bermanfaat.

Kumpulan cerita dan kisah lengkap 25 nabi dan rasul yang dikemas dalam narasi yang menarik dan enak untuk dinikmati. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa menu yang sayang jika di lewatkan, diantaranya Kisah Nabi Muhammad SAW, Kisah Islami Pilihan, Kisah 200+ Sahabat Nabi, Kisah Para Khafilah, Kisah Hikmah Islami dan banyak kisah-kisah lain yang inspiratif.

Jika dijadikan dalam sebuah buku, mungkin aplikasi ini akan memakan buku setebal 500 halaman lebih, yang tentunya akan cukup panjang waktu yang akan kita habiskan dalam membaca semua kisah yang ada. So, jika lebaran usai, sepertinya jangan uninstall dulu aplikasi ini sebelum kalian membacanya hingga habis.

Aplikasi besutan Barokah Studio ini terbilang cukup ringan meski dengan segudang cerita Islami, menggunakan Android 2.3.3 (Gingerbread) atau yang lebih tinggi, aplikasi ini hanya seberata 20.70MB yang lagi-lagi masih jauh dibawah aplikasi Facebook yang mencapai 340MB.

Aplikasi Islam Hari ini

So, masih mengeluh soal bert nggaknya aplikasi yang bermanfaat yang wajib ada di Smartphone kamu? Coba uninstall Facebook, berani?

Google Play


Islam Hari Ini: Yang Kecil Terlupakan, Yang Besar Terabaikan

Terakhir, Saya kali ini akana mengulas tentang e-book yang cukup bisa dinikmati di bulan Ramadhan, aplikasi komik ini bernama “Islam Hari Ini: Yang Kecil Terlupakan, Yang Besar Terabaikan”

Komik ini mengajak kita mengingat kembali ajaran-ajaran Islam yang simpel dan mungkin remeh tapi sebenarnya sangat penting bagi hidup kita. Dengan gaya bercerita yang menarik, komik ini sangat pas buat mereka yang ingin lebih jauh mengenal Islam dengan cara ayang sederhana.

Oh ya, berbeda dengan 4 aplikasi di atas, Islam Hari Ini: Yang Kecil Terlupakan, Yang Besar Terabaikan ini berbayar ya gaes. Tenang, ngga mahal-mahal amat kok, cuman Rp. 30.710; aja kok yang bisa langsung di potong dengan pulsa kamu.

Baca Juga : LG K10 2017 – Spesifikasi satu tingkat lebih tinggi

E-book terbitan QultumMedia ini berisi 144 halaman dengan 6 cerita menarik yang patut untuk disimak. Tutur bahasa yang ringan ditambah grafis yang menyenangkan membuat pemahaman tentang Islam bisa kita terima dengan mudah dan menyenangkan.

Sebelum mengunduh komik ini, pastikan di smartphone kalian sudah terinstal Google Play Buku, Aplikasi ini disinkronkan dengan akun secara otomatis dan memungkinkan kamu membaca online atau offline di mana pun kalaian berada.

Jika dirasa kurang puas dengan layar HP yang cukup kecil, kalian bisa menikmatinya menggunakan browser web komputer.

Penasaran dengan bukunya, tapi khawatir kecewa setelah membelinya? Jangan khawatir, kalian bisa mengunduh contoh komiknya secara gratis.

Jadi gimana? Meski nyatanya kalian emang ga bisa lepas dari smartphone, tapi bisa kok memaksimalkannya dengan kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan pastinya berpahala.

Google Play


Line Ramadhan

Masih males download aplikasi? Ok Fine….! Kali ini aplikasi wajib bulan Ramadhan  saya kasi 1 rekomendasi buat kalian yang gam au susah-susah nyari aplikasinya di Play Store.

Aplikasi Line Ramadhan

Saya yakin, yakin seyakin-yakinnya kalo Smartphone kalian pasti sudah terinstal aplikasi Line, betul?! Yang jawab salah, coba cek lagi HPnya, jangan-jangan lu masih pake Feature phone!

Nah, di menu utama Line, coba masuk ke Official Accounts, lalu cari LINE Ramadhan. Aplikasi ini masuk ranking 3 besar di Official Accounts LINE, jadi gampang banget buat dijumpain.

Di LINE Ramadhan ada 6 kategori yang bisa kalian nikmati. Seperti Jadwal Sholat, LINE Makan, Tips Ramadhan, Ngabuburit, Line Shopping dan Promo hari ini.

Menariknya, kalian bisa setiap hari menedapatkan update Tips Ramadhan disini. Namun sayangnya, kebanyakan promo dan jadwal sholat hanya untuk kota-kota tertentu saja.

Related posts

18 Thoughts to “7 aplikasi yang wajib ada di Smartphone kamu saat bulan Ramadhan”

  1. Nice info nih… Ada komik dan tempat atasi galau.makanya mas Endrita gak pernah galau ya…
    Saya msh nyaman pakai Qur’an for android mas.

    Semoga berkah mas, bermanfaat tulisannya.

    1. Amiiinnn….., makasih mas.
      hi hi hi Qur’an for android juga bagus kok mas. ☺

  2. wuih keceee.. tulisannya selalu orisinil. sukaaa deh kakak

    1. Ah, bunda Vian ini bisa aja deh…., ☺

  3. Cuma ada Line di antara 7 itu hahaha.
    Alarm udah bawaan dr hp-nya. 😀

    1. wkwkwkwkwkwwk………, saban punya HP baru, line selalu yang pertama kali di instal ☺

  4. Coba pake juga salah satu aplikasi temen ane yang juga kece tentang jadwal sholat, imsak, hingga tasbih juga ada dalam satu aplikasi… :3

    1. wahhh….., bocorin nama aplikasinya donk mas ☺

  5. huwaw! belum install semuanyaaaaa. wkwkwkwkw

    1. jangan2 mas Yoy masih pakai 3315 ya?

  6. mas giveaway hape mas. wkwkkw

    1. ngahahahahaha….., cari sponsor dulu yaaaahhh….
      ^_^

  7. Semoga dgn adanya aplikasi2 ini , amal ibadah kita d bln.rmdhan smakin mngkat….

  8. Ada beberapa aplikasi yg belum saya coba. So, bermanfaat banget.. Makasih mas..

  9. muantabb ini. inilah jika seorang islam sejati, ya ini aplikasi yang dmilikinya, dan lebih prioritas dari pada sosmed. nice artikel gan, dtunggu kelanjutannya

    1. Terima kasih kakak….
      ^_^

Leave a Reply