Black Panther : Tak Lebih Dari Sebuah Perkenalan

T'Challa (Chadwick Boseman) as Black Panther

Black Panther, bersama Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Spiderman, dan kawan-kawannya adalah salah seorang pahlawan super di Semesta Sinematis Marvel. Disutradarai Ryan Coogler, film BLACK PANTHER ini merupakan perkenalan apik tentang siapa si Black Panther yang nyaris tak terdengar ini.

Bernama asli T’Challa (Chadwick Boseman), Black Panther sesungguhnya seorang raja di negeri yang amat bersahaja di pedalaman Afrika: Wakanda. Selama ini Wakanda dianggap tak lebih dari negeri para petani miskin yang luput dari radar. Stereotip negara dunia ketiga. Tapi ingat kata pepatah: air beriak tanda tak dalam. Ada sesuatu luar biasa di balik permukaan yang biasa.

Wakanda, ternyata, memiliki harta karun tak ternilai yang berasal dari masa awal peradaban manusia: Vibranium. Logam istimewa ini diyakini sebagai bagian dari pecahan meteor pembawa awal kehidupan di Bumi. Bahkan kekuatan Black Panther sebetulnya berasal dari ramuan herbal yang diracik dari tetumbuhan yang termutasi oleh logam vibranium tersebut. Pun majunya teknologi yang digunakan di Wakanda ada sangkut-pautnya dengan keberadaan vibranium.

Tapi, sayangnya, penguasa Wakanda selama ini hanya menggunakan kekayaan tersebut untuk kepentingan bangsanya sendiri dan menyembunyikan manfaatnya dari dunia luar yang barangkali juga membutuhkan. Dari masa ke masa mereka membangun sebuah tembok imajiner yang sangat membatasi akses orang luar terhadap Wakanda pada umumnya, dan vibranium pada khususnya.

Dari sini kemudian muncul pertanyaan moral: Bijakkah tindakan penguasa Wakanda ini? Menguasai untuk bangsa sendiri sumber daya yang sebetulnya bisa dimanfaatkan untuk kebaikan bersama? Beberapa orang menganggapnya tidak. Termasuk Mas T’Challa sendiri, si raja baru yang menggantikan ayahnya, T’Chaka (John Kari), yang tewas dalam satu serangan yang diinisiasi oleh si penjahat gila Ulysses Klaue (Andy Serkis).

Black Panther (2018) cast Photograph by Kwaku Alston for Marvel Studios.
Black Panther (2018) cast Photograph by Kwaku Alston for Marvel Studios.

Singkat cerita, film Black Panther sesungguhnya sebuah DRAMA tentang perebutan tampuk kekuasaan Wakanda sepeninggal Raja T’Chaka. Drama. Bukan aksi. Ya, kendati cukup seru, adegan-adegan aksi di film ini hanya diberi porsi yang secukupnya saja. Kurang meriah. Bagi penggemar film aksi, hal yang semacam ini tentu akan mengecewakan. Harapannya menonton film aksi, tapi ternyata filmnya lebih banyak drama.

Baca juga : Thor : Ragnarok – Ini tentang seorang ayah, seorang pemimpin dan kesalahan yang tidak bisa diperbaiki

Tapi, ya, itu termaafkan, sih, dengan pemilihan latar film ini: Afrika. Selama ini Afrika paling-paling hanya ditemui di video-video National Geographic. Jarang ada film yang mengangkat Afrika secara khusus. Padahal benua ini, beserta kebudayaannya, begitu eksotis.

Kita ambil contoh binatang peliharaan yang ada di Wakanda. Kalau di Indonesia yang menjadi binatang peliharaan kalau bukan ayam, ya kambing. Tapi di Wakanda? Badak! Wew!

Hal lain yang menarik: anggota pasukan pengawal raja bukan laki-laki kekar seperti di film-film aksi lain, melainkan sekelompok perempuan berkepala plontos yang sangat cakap bela diri yang disebut sebagai Dora Milaje. Senjata andalan mereka tombak yang terbuat dari vibranium. Ini mengingatkan saya pada suku wanita Amazon. Semua pasukannya perempuan!

Selain itu sosok Black Panther diperlihatkan bukan sebagai sosok yang sempurna. Ia sama saja dengan manusia pada umumnya yang bisa ragu dan mengambil keputusan yang salah. Tapi terlepas dari itu, ia punya hati yang baik yang menghendaki kesejahteraan bersama.

“Kita bangun jembatan, dan bukannya tembok pemisah. Kita saling bekerja sama menghadapi tantangan yang menghadang kita sebagai satu suku bangsa,” tegas T’Challa di hadapan perwakilan bangsa-bangsa dunia pada satu ketika. Sungguh raja (dan pahlawan super Marvel) yang bijak. Salam super..

Mau nonton Black Panther full movie sub indo ? Gampang, dateng aja ke bioskop-bioskop terdekat rumah kamu. Dijamin bisa nonton film full, ada subtitel, dan yang pasti nyaman.

NB: Ganteng-ganteng gitu ternyata T’Challa masih jomblo, loh!? Emmuanee….

Related posts

Leave a Reply