Creative Vocational Education Product Expo 2018

Kota Malang – Pada tanggal 11 – 14 Januari 2018 digelar Creative Vocational Education Product Expo (CVEP) 2018, sebuah ajang pameran produk kreatif pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) swasta Kota Malang. Tak kurang dari 20 SMK swasta Kota Malang turut meramaikan acara yang mengambil tempat di hall utama Mall Dinoyo City jl. M.T. Haryono, Kota Malang, ini.

Ibu Elok, salah seorang panitia sie acara yang juga pengajar di SMK Muhammadiyah 2, Kota Malang, mengungkapkan bahwa tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk memperkenalkan hasil kreativitas dari SMK-SMK swasta di Kota Malang kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat bisa sadar bahwa kualitas pendidikan di SMK swasta bisa bersaing dengan pendidikan di SMK-SMK negeri, seperti yang bisa dilihat dari produk-produk kreatif yang dipamerkan,” ujarnya.

Bapak Erwin, salah seorang pengajar dari SMK PGRI 3, Kota Malang, yang juga turut meramaikan Creative Vocational Education Product Expo (CVEP) 2018 ini menuturkan bahwa selain sebagai ajang silaturahmi antar SMK-SMK swasta di Kota Malang, acara ini juga berguna untuk mengenalkan produk-produk inovatif murid-murid SMK kepada khalayak umum.

Suasana Creative Vocational Education Product Expo 2018 yang cukup ramai pengunjung.

Kali ini kami memamerkan salah satunya sepeda pembangkit listrik tenaga nasi pecel,” ungkapnya bangga.

Maksudnya nasi pecel dimakan sama orang, lalu orang tersebut menggenjot sepeda yang roda belakangnya sudah dihubungkan ke generator listrik. Nah, dari putaran roda itulah generator akan menghasilkan listrik, yang kemudian dimanfaatkan termasuk untuk menghidupkan lampu-lampu di stand kami ini,” imbuhnya sembari tertawa.

Baca juga :  Ngobrol Bareng Babe – Kota Malang jadi tempat buka-bukaan rahasia menulis

Tapi yang lebih menarik, performa dari sistem pembangkit listrik tenaga nasi pecel ini bisa dipantau secara online,” Mursyid, staff pengajar di SMK PGRI 3, Kota Malang, menambahkan.

Sekalipun nama yang unik ternyata tak lebih dari gimmick untuk menarik perhatian, namun teknologi yang dikembangkan sungguh kreatif dan berdaya guna.

Creative Vocational Education Product Expo (CVEP) 2018 sebagai pameran produk kreatif pendidikan kejuruan ini akan digelar sampai hari Minggu (14/01/18) dengan acara di antaranya lomba dance modern, lomba fashion show, stand kreatif terbaik, dan juga lomba band akustik di samping pameran produk dari SMK-SMK swasta Kota Malang.

Untuk tahun depan semoga kami bisa menggelar acara yang lebih besar lagi termasuk dengan melibatkan SMK-SMK negeri di Kota Malang,” tutup Ibu Elok optimistis.

Betul, Bu! SMK bisa, SMK hebat! NEXT

Related posts

Leave a Reply