Di Tulungagung, perpanjangan SIM cukup 100 menit!

Baca judulnya pelan-pelan ya gaes, saya bilangnya 100 menit, sekilas kaya 10 menit…. Sekali lagi itu seratus lho yaaa…., “nol”nya ada dua. Seratus menit itu ngga sampe 2 jam lho gaes, lumayan cepet lah dari pada perjalanan pencarian cinta mu yang nggak kunjung dapet, #eh… Alias perpanjangan SIM di Tulungagung saat ini udah lumayan cepet dan nggak ribet.

Mau tau detail step by step dan tipsnya? Yuk, baca artikel saya kali ini sampe abis. Karena selain ada panduan cepat memperpanjang SIM dengan baik dan benar sesuai ejaan yang disempurnakan, tsah…! Saya juga bakal kasi beberapa tips jitu biar proses perpanjangan SIM jadi lancer jaya…..

KELENGKAPAN

Mandi gaes, beneran ini penting banget. Karena wajah kamu pagi ini akan nempel di SIM selama 5 tahun kedepan, jadi jangan sampe nyesel gara-gara muka kusut males mandi. Yahhh….. minimal cuci muka deh gih…!

Nah, standartnya sih seluruh kantor pelayanan di Indonesia buka mulai pukul 8 pagi. Tapi ga ada salahnya berangkat lebih awal. Terbukti, meski saya dateng di jam 7:30, antiran udah lumayan banyak gaes……

Oh ya, kalian bisa parkir di depan atau di samping kantor Samsat yaa….., karena sekarang kita ga bisa parkir tepat di halaman kantor Samsat. Untuk speda motor dikenain biaya parkir 3K, mahal ya….., mana ga ada karcis parkirnya lagi. Ah, tapi ikhlasin aja gaes, kita dain aja semoga abang parkir bisa segera naik Haji.

Langkah-langkah perpanjangan SIM yang cukup 100 menit!

Setelah markirin kendaraan dengan aman, langsung aja masuk ke kantor samsat ya, ga usah tengok kiri-kanan, apalagi basa-basi ngajak salaman abang parkirnya dan tanya punya anak cewe apa nggak, inget…. kalian disini mau perpanjangan SIM bukan mau cari jodoh!

Nah, tepat di samping kanan pintu gerbang Samsat ada jasa layanan fotocopy, disitu kalian diwajibkan untuk fotocopy KTP dan SIM lama, masing-masing 2(dua) lembar, biayanya cuman 2K, tapi akhirnya banyak juga  yang musti bayar 5K (termasuk saya). Lho, kok bisa? Begini ceritanya……

Bu, mau fotocopy
KTP sama SIM diambil tanpa ngeliat wajah lawan bicara.
Dengan tetep berwajah “dingin” sang Ibu nanyak
Bawa bolpen?
Mboten bu” jawabu spontan dan masih belum ngeh
ini mas, 5 ribu sekalian bolpennya” sambal nyodorin map yang berisi hasil fotocopy dan bolpoin, dan terpaksa bayar sambal ngedumel “asem, salah jawab!

Jadi ceritanya, untuk mengisi berkas dan form pengajuan perpanjangan SIM di kantor Samsat sekarang sudah tidak menyediakan lagi bolpoin, alias pemohon harus bawa sendiri.

TIPS: Biar nggak mengalami hal yang sama dan lebih menghemat waktu dan biaya, ada baiknya udah bawa bolpoin sendiri dari rumah, sukur-sukur udah beli map biru dan fotocopy sendiri SIM dan KTP sebelumnya, jadi proses ini bisa di skip dan langsung menuju tempat pemeriksan kesehatan.

KESEHATAN

Tahap kedua adalah pemeriksaan kesehatan. Tempatnya nggak jauh dari kantor samsat, cukup menyeberang jalan dan berjalan kaki sebentar.

Di ruangan ini paling depan ada meja untuk mengumpulkan berkas antrian dan dua meja lain tepat di belakangnya terdapat dua petugas kesehatan.

Karena antrian udah cukup banyak, buru-buru deh numpuk berkas yang sudah di staples di map tadi diantara tumpukan antrian yang lain.

Kaget, karena belum dapet tiga langkah balik dari tumpukan antrian nama saya dipanggil. Pikir saya sudah langsung dapet antrian, eh ternyata…..

mas, masa berlaku SIM-nya masih lebih dari 14 hari, jadi ga bisa di perpanajang sekarang
hah…?!” jawab saya blo’on
perpanjangan SIM dapat dilaksanakan sebelum habis masa berlakunya dengan tenggang waktu 14 hari sebelum tanggal habis masa berlaku, punya mas masih 19 hari, jadi balik lagi minggu depan aja.
mboookkk……, minggu depan musti balik lagi bu?” tanya saya syok
Iya mas, ini berkasnya biar disini, jadi minggu depan masnya ngga perlu ngantri lagi

Dannnnn………., saya pun pulang tanpa dendam…!!

TIPS: Nah, ini juga ga kalah penting. Dalam surat pembaruan dari Kakorlantas Polri bernomor ST/2652/XII/2015 ternyata memang masa perpanjangan SIM dapat dilakukan paling cepat adalah 14 hari sebelum masa berlaku SIM habis.
Ini bisa jadi satu trik khusus buat kalian biar ngga terlalu lama ngantri. Yaitu dengan mengajukan berkas di hari sebelum 14 hari masa berlaku SIM habis. Tujuannya, dihari perpanjangan SIM, kalian tidak perlu antri lagi. Cukup datang di jam 7:45 pagi, kalian sudah langsung bisa di layani.
Memang harus 2X datang sih akhirnya, tapi itu lebih baik daripada 1 hari tapi ngantrinya bisa sampe berjam-jam hanya untuk tes kesehatan.


KESEHATAN (PART TWO)

Satu minggu kemudian– Ga terasa satu minggu telah berlalu, dan saya pun balik lagi ke sini 😅 Seperti yang saya bilang diatas, meski jam 7:30 antrian sudah cukup banyak, saya cukup santai, karena saya cukup datang kemeja adepan dan bilang berkas sudah ditumpuk dari kemarin karena lebih dari 14 hari dan sayapun langsung dipersilahkan duduk.

Nah, ternyata disini juga tricky. Meja paling depan, yang saya piker memang berfungsi sebagai meja antrian, ternyata juga merupakan meja Asuransi milik PT Asuransi Bhakti Bayangkara. Saya bilang tricky, karena harusnya ini bukan hal wajib, tapi karena “tempat”nya disitu, jadi mau ga mau musti terpaksa ikut asuransinya, dan 30K pun melayang…… #dunanges 😪

Di kesehatannya sendiri, prosesnya adalah timbang badan, beberapa pertanyaan tentang kesehatan dan tes warna. Semuanya berbiaya 20K

TIPS: Sebenarnya bisa aja sih buat yang punya muka rada tebel buat bilang, “Duh bu, ngapunten saya langsung periksa kesehatan aja, ga perlu asuransi!” dan emang ini ga wajib kok. Tapi yaaaaa……., gitu deh, rata-rata orang akan seperti saya yang akhinya lebih memilih mengikhlaskan uang 30K dari pada ribut-ribut. Padahal kalo diliat nilai asuransinya, malah jadi wanacry 2X. Lha gimana, masa asuransi untuk meninggal dunia cuman 2 jeti?! Duit segitu buat beli tanah makamnya aja ngga cukup bookkkk….

LOKET FORMULIR

Setelah mendapatkan surat rekomendasi “sehat”, langsung aja balik ke kantor Samsat. Disana sudah disediakan beberapa formulir berwarna biru yang wajib di isi dengan data-data yang benar, disinilah bolpoin seharga 3K kemarin berguna.

Cpntoh formulir dan antrian di perpanjangan SIM dengan cukup 100 menit!

Tenang, jika masih bingung mengisinya, dimeja sudah ada contoh form yang wajib di isi. Ada juga polisi yang sedang bertugas disana yang akan membantu prosesnya jika kurang paham.

Jika telah terisi semua, segera masukkan ke loket formulir. Jangan sampe salah ya, di jalur antrian Loket Formulir ada dua, yaitu sebelah kiri untuk proses baru dan sebelah kanan untuk perpanjangan.

Setelah terkumpul, tunggu aja bentar sambal duduk-duduk di kursi yang telah disediakan, kira-kira 15 menit akan ada petugas yang membawa berkas kita sesuai urutan antrian.

Nah, ini nih yang keren. Sebelum membagikan berkas untuk proses selanjutnya, petugas yang membawa tumpukan berkas tadi sedikit memberikan tauziahnya kepada para pemohon perpanjangan SIM. Mulai dengan rambu-rambu lalulintas hingga info terbaru dari kepolisian disampaikannya dalam kultum, cukup bikin hati adem lah…..

Setelah hampir 10 menit mendengarkan materi ceramah, barulah dipangil satu-satu untuk melakukan proses selanjutnya. Proses selanjutnya ini adalah membayar PNBP ( Penerimaan Negara Bukan Pajak ) sebesar 75K.

TIPS: Selain dirasa tidak begitu perlu, Sosialisasi tentang berkendara aman yang disampaikan petugas dari kepolisian tadi terbilang cukup lama. Jika kalian masih punya waktu luang, ga ada salahnya buat dengerin. Tapi kalo emang lagi keburu, coba deh pura-pura mau pingsan gitu atau apa lah buat minta berkas kamu segera dikasih dan segera lanjut ke proses selanjutnya.

REGISTRASI & FOTO

Setelah melakukan pembayaran PNBP, kita akan disuruh masuk di dalam ruangan yang berada di paling ujung yang bertuliskan LOKET REGISTRASI.

Disana sekali lagi berkas kita akan dikumpulkan untuk verifikasi dan antri foto. Secara garis besar, jeda antara proses pembayaran PNBP, Registrasi, foto hingga pengambilan SIM baru cukup cepat, rata-rata berkisar 5-10 menit/prosesnya.

Tauziah yang bikin adem saat perpanjangan SIM ^_^

Nah, ini gunanya kalian mandi dulu. Setelah registrasi selesai, kita akan dipanggil masuk ke ruang foto untuk pengambilan sidik jari, tanda tangan, penyesuaian data dan pengambilan foto.

Setelah proses itu selesai, kita hanya butuh waktu 5-10 menit lagi untuk menunggu hasil cetak SIM baru kita.

HINTS: Kalo ternyata kalian pindah alamat (asal masih dalam kota yang sama) laporkan perubahan alamat kalian disaat proses pengambilan sidik jari dan Foto.
JIka ditotal, biaya yanag kita keluarkan untuk proses perpanjangana SIM adalah sebagai berikut :
Fotocopy, map dan bolpoin = 5K
Asuransi PT Asuransi Bhakti Bayangkara = 30K
Kesehatan = 20K
PNBP = 75K
Parkir = 3K

Well, gitu aja sedikit info dari saya tentang proses perpanjangan SIM, terutama di Kota Tulungagung, buat kalian mungkin ada yang punya pengalaman lain boleh tulis di komentar bawah ya gaes, Be a pioneer of safety driving ya gaesss……

Related posts

16 Thoughts to “Di Tulungagung, perpanjangan SIM cukup 100 menit!”

  1. untuk tes kesehatan ditanya tentang apa aja…..
    apa cuma nimbang bb sama tes warna….?

    1. iya mas, itu aja kok. Jangan khawatir ngga lolos mas, saya jamin pasti lolos, he he he

  2. bojoku sing ngalami tak kon nulis ngene takut soale dalam membuat SIM baru banyak trickinya???? Domain kok ganti .id mas????hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    1. hi hi hi…, ngapain takut mas. Insya’allah kalo bener, patut untuk di bagi ke yang lain infonya, 😉
      iya mas yang .co.id bermasalah dengan penyedia hostingnya, jadi terpaksa “dibunuh” deh…

  3. Wah cepet ya… apalagi ada tauziahnya. 🙂

    1. hi hi hi….., tauziahnya menyejukkan hati mas… 😂

  4. Lailiya husna yusfita

    Alhamdulillah…. Bermanfaat banget krn sy mau perpanjang sim. Trimakasih yaaa….. Tak doain lancar rezekinya, barokah umurnya aamiin 😀😀😀

    1. Amiiinnn….., terima kasih kakak… semoga proses kelahirannya lancar… eh, maksudnya proses bikin SIMnya yang lancar, he he he…
      😍

  5. hendika

    Tanya mas , Tgl kelahiranku di sim ku gak sama di KTP kan. Terus kalo disamakan waktu perpanjangan bisa gak

    1. yang bener yang sesuai KTP kan mas?
      Insya’allah bisa di ganti, termasuk ganti data alamat sesuai KTP. dilakukan pas proses pengambilan sidik jari dan foto.

  6. Ryana

    Saya kn proses pindah tempat ke Tulungagung ni mas,otomatis nnti data diri saya baru domisilinya,sedangkan SIM saya alamatnya masih Trenggalek dan thn dpn perpanjangannya,itu gimana ya mas nanti saat perpanjangan SIM nya soalnya SIM msh alamat yg lama.yg saya tanyakan ,apakah saya bisa perpanjangan SIM d Tulungagung atau harus ke Trenggalek dulu?

    1. harus cabut berkas juga mbak, karena data SIM harus sesuai dengan data KTP. jadi nanti saat perpanjangan (14 hari sebelum masa berlaku SIM habis) mbak bisa meminta cabut berkas di Trenggalek dan dimasukkan ke Tulungagung. ^_^

  7. Yudimanto

    Info yang sangat bermanfaat, jatuh tempo SIM saya 25 Juni.
    Ijin share boleh, mas. Hak cipta tetap Endrita (Agung). Sebab ada beberapa teman yang merasa “ketakutan” berurusan dengan polisi (takut yang berlebih)…hehe…

    1. Berarti idealnya pak Yudi perpanjangan tanggal 12 Juni ya pak.
      Njih pak Yudi, feel free to share ^_^

  8. Waaah, bermanfaat sekal iinformasinya, sampai harus mandi segala. Selain biar wajah terkenang bagus selama lima tahun biar gak polusi juga kali yak? Wkwkwkwk

  9. […] Baca Juga : Di Tulungagung, perpanjangan SIM cukup 100 menit! […]

Leave a Reply