Farah Quinn – Buka-bukaan soal dapur Queen Apple

Siapa yang tak kenal Farah Quinn? Chef yang juga selebritis  berkulit eksotis ini mulai dikenal luas setelah memandu acara kuliner Ala Chef di TransTV, kini orang tua dari Armand Fauzan Quinn mencoba peruntungan baru di Kota Malang.

Masih berkaitan erat dengan hobby yang digemarinya, Farah Quinn yang mengaku mulai mencintai masakan ketika masa kecilnya di Sumatera yang kerap ia habiskan untuk membantu sang ibu di dapur. Kali ini, tepatnya 20 mei 2017 kemarin secara resmi Farah Quinn memulai usaha barunya di Kota Malang dengan membuka gerai Oleh-oleh Queen Apple.

Di Kota Malang sendiri, Queen Apple secara head to head akan ketemu langsung dengan Malang Strudel (Teuku Wisnu), Oleh-oleh Asix (keluarga Anang Hermansyah) dan juga Makobu Cake (Krisdayanti), yang semuannya menyasar di segmen yang sama.

Queen Strudel, salah satu andalan dari produk Queen Apple yang beda dari para pesaingnya. Foto by : Richo

Dari semua kue kekinian yang ada di Kota Malang ini tentu semuannya punya cara jitu sendiri-sendiri dalam menggaet konsumen, ngga terkecuali dengan Queen Apple donk yes…. Nah, kira-kira apa nih yang jadi andalan dari strategi marketing Queen Apple hingga bisa menarik hati pecinta pastry, khususnya di kota Malang?

Beruntung banget, sabtu kemarin (16/8) endrita.id bareng beberapa pewarta dan temen-temen blogger dari Malang Citizen dapet undangan special dari Farah Quinn, undangan untuk mampir di dapur Queen Apple. Ngga cuman mampir ngobrol, Farah Quinn juga janji buat kasi kebebasan kita untuk ngobok-ngobok isi dapurnya, sampe ke lobang-lobang semut sekalipun! What the……!!!!!

Sempet kepikiran buat mencet Panic Button di aplikasi Polresta Kota Malang gegara sempet kejebak macet di akhir pekan (macetnya Kota Malang ternyata udah warbyasak!). Bener aja, sesampainya di Jl. Perusahaan no. 06 Tunjungtirto-Singosari, tempat dimana dapur Queen Apple berada acara kitchen tour baru aja kelar. And this is it…, saya hanya bisa jongkok di pojokan pintu sambil ngringik tersedu….

Untunglah, orang baik seperti saya selalu saja mendapatkan kesempatan kedua. Farah Quinn emang terkenal orang yang selalu on time, tapi berhubung saya ngga sendiri, alias ternyata ada beberapa temen media dan Blogger yang bernasib sama (melestarikan budaya Ngaret), akhirnya Farah Quinn bersedia untuk melayani kita untuk kitchen tour episode 2 (udah kaya telenovela aja).

Ngobok-ngobok dapur!

Pada dasarnya, Dapur Queen Apple terdiri dari 4 ruangan yang digunakan dalam memproduksi kue bolu dan strudel khas Queen Apple. Yang pertama adalah “dapur basah”, disini adalah awal semua bahan-bahan utama Queen Apple disortir dan dibersihkan, puluhan kilo bahkan mungkin hitungan ton buah apel lokal pilihan dibersihkan dan di kupas disini.

Menggunakan air yang secara berkala di ganti dan terus mengalir membuat sebuah keyakinan akan bahan baku yang selalu higieis. Beberapa karyawan yang ada di ruangan ini pun juga terlihat rapi dan Clean!

Selanjutnya, tepat disamping “ruang basah” terdapat ruangan yang digunakan untuk proses selanjutnya, selain untuk mixing, ruangan ini digunakan untuk meracik resep rahasiannya!. Yaitu isian apel dari jenis Rome Beauty dari petani lokal Malang dan Batu.

Apel, sebagai bahan utama produk Queen Apple yang diambil dari 100 lokal Malang-Batu. Diproses dengan standart kualitas yang tinggi.

Yup, disini letak rahasia kenikmatan Queen Apple, isian bolu dari apel ini memerlukan dua kali proses pemanggangan sebelum di isikan kedalam bolu. Istimewanya, potongan apel ini dibuat berukuran nyaris sama, sehingga menghasilkan taste yang sama pula dalam setiap gigitan.

Queen Apple saat ini mempunya 4 variant rasa, Vanilla, Cinnamon, Cheese, dan yang terakhir coklat. Satu lagi bukti bahwa Farah Quinn tidak main-main dalam mengelola bisnis Queen Apple-nya, yaitu tentang cerita Farah Quinn dalam menghadirkan variant coklat.

Karena ini produk unik, buah apel itu lebih tricky, lebih cocok dipadukan dengan kayu manis dan rempah-rempah lain. Sehingga saya dan team butuh bebera waktu untuk menemukan rasa coklat yang dipadukan dengan apel menjadi sajian Queen Appel yang enak. And this is it! Coklat Queen Appel yang enak banget akhirnya bisa kami hadirkan.” Terangnya saat interview beberapa waktu yang lalu.

Baca sebelumnya : Launching Queen Apple rasa baru di Meet and Greet

Selanjutnya, terdapat ruangan yang penuh dengan Oven-oven berukuran besar, tepat di tengahnya terdapat meja stainless stell besar. Nah, yang istimewa dari tempat ini, salah satu sisi dindingnya terbuat dari kaca yang bisa langsung dilihat dari luar ruang dapur.

So, buat masyarakat umum yang sedang mampir di oulet Queen Apple yang berada di Jl. Perusahaan no. 06 Tunjungtirto-Singosari dan penasaran dengan dapurnya, bisa sedikit mengintip aktifitasnya secara langsung dari tempat ini.

Kebersihan yang selalu terjaga dan mengutamakan mutu menjadikan produk Queen Apple berani bersaing dengan kompetitor lain. Foto by Richo

Selain memproduksi variant Bolu, Queen Apple juga memproduksi strudel. Keistimewaan dari Queen Strudel ini, selain isian/ filling yang khas dan asli buah apel yang fresh dan nggak pelit, kulit pastry-nya begitu berlapis-lapis dengan tekstur yang renyah. Proses pemanggangannya pun dilakukan dengan oven modern dengan kapasitasyang cukup besar,  dengan suhu sekitar 180 derajat celcius.

Dengan aktifitas yang segudang, tentu saja Farah Quinn tidak sendiri dalam menjaga kualitas produknya. Dengan tetap menerapkan standart kualitas yang tinggi, Farah Quinn mempercayakan daily activity-nya kepada Chef Komar.

Terakhir, adalah ruang packing dari berbagai macam variant Queen Apple yang sudah siap untuk dipasarkan. Dalam sehari, Queen Apple rata-rata bisa memproduksi hampir 1.500 box di hari-hari biasa. Sedangkan di hari libur. Heeemmmmmmm……., silahkan di tebak aja sendiri yes..

Finaly, membangun sebuah kepercayaan terhadap publik ternyata begitu dipahami benar oleh Farah Quinn, membuat sebuah jendela kaca yang lebar di dalam dapur Queen Apple sehingga bisa dilihat langsung oleh konsumen seakan mengisyaratkan sebuah hubungan tanpa penghalang.

Sekarang, kalo mau bawain oleh-oleh ke luar kota, percayakan saja sama Farah Quinn.

Menggunakan bahan-bahan pokok dari hasil kebun lokal Kota Malang dan Batu juga merupakan sebuah penghargaan tersendiri terhadap kekayaan lokal. Dipadukan dengan standart kualitas yang tinggi menjadikan Queen Apple sebagai jajanan oleh-oleh dari Kota Malang yang patut dijadikan kebanggaan tersendiri bagi warga Malang dan sekitarnya.

Dapur Queen Apple Malang

Alamat: Jl. Perusahaan No. 6, Karanglo, Singosari, Malang

Related posts

5 Thoughts to “Farah Quinn – Buka-bukaan soal dapur Queen Apple”

  1. aku mau kembali ke sana demi sekotak Queen Apple rasa choco banana !!!

    1. Hayuk mbak, kalo kesana akunitip
      ^_^

  2. ulasannya lengkap, sayang iklannya ganggu kak, terus msh ada typo juga

  3. jadi penasaran pengen icip queen apple ini 😀

  4. Jadi pengen nyicip farah queen nya eh queen apple maksudnya :v

Leave a Reply