Mengenalkan Buku lewat Dongeng, Pesta Baca dan Dongeng Taman Bacaan Masyarakat Pencerah

Tulungagung, Kamis 25 mei 2017. Ada yang istimewa hari ini di kompleks Masjid Al-Ishlah Ngunut. Komplek Masjid yang lantai dasarnya digunakan sebagai Taman Bacaan Masyarakat ini begitu riuh, penuh dengan canda tawa khas anak-anak TK dan PAUD.

Taman Bacaan Masyarakat Pencerah sejatinya baru saja menempati rumah barunya, yaitu di kompleks Masjid Al-Ishlah Ngunut ini, sebelumnya pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Pencerah yang merupakan yayasan Muhammadiyah ini sebelumnya berada di kecamatan.

Usia TBM Pencerah sejatinya sudah lebih dari 4 tahun, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya pengelolaan teknis, pelayanan, dan pengembangan kegiatan literasi diamanahkan ke Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ngunut, dengan tim eksekutifnya oleh Angkatan Muda Muhammadiyah Ngunut.

Dan, hari ini bisa dibilang pengenalan tempat baru bagi anak-anak TK dan PAUD di Ngunut dan sekitarnya. Selain pengenalan Taman Bacaan Masyarakat Pencerah, Angkatan Muda Muhammadiyah Ngunut juga  membuat sebuah event menarik yaitu berupa Mengenalkan Buku lewat Dongeng.

Acara bertema , “Pesta Baca dan Dongeng” Taman Bacaan Masyarakat Pencerah ini menghadirkan Bunda Zakyzahra dan Humaira. Pesta Baca Dan Dongeng ini untuk mengenalkan buku dan membaca sejak usia dini.

Berfoto bersama setelah menikmati dongeng dan membaca bersama TBM Pencerah.

PCM Ngunut sendiri sejatinya sudah merintis TBM Ceria yang dalam pengelolaannya dihadapkan pada beberapa tantangan klasik, yaitu terbatasya koleksi dan sumber daya manusia. Tantangan ini jelas akan dihadapi TBM Pencerah yang saat ini bekolaborasi dengan TBM Ceria pada awal pengelolaannya.

Semangat cinta buku dan membaca sengaja diperkenalkan sejak usia dini, sebagaimana hari ini, untuk kali pertama TBM Pencerah – Ceria (nama kolaboratif) menggelar Pesta Baca dan Dongeng Bersama Bunda Zakyzahra dan Humaira yang mengundang siswa dari 9 SD/MI dan PAUD-TK yang ada di wilayah Desa Ngunut, dimana TBM ini berada.

Ruang yang dipenuhi buku, mungkin saja hal yang baru bagi sebagian besar anak-anak. Jelas tampak dari tatapan mereka yang kaget dan takjub bercampur jadi satu. Hal baru, hingga mereka masih merasa segan untuk menyentuhnya, hingga pengelola TBM mengajaknya untuk mengambil buku yang paling mereka suka, untuk dilihat gambarnya, dan dibaca oleh sebagian anak yang telah bisa membaca.

Baca Juga : Talkshow & Booksigning buku CERITA ANAK HEBAT bersama QS Emmus dan Sri Rahayu

Sebagai pemanasan, Bunda Zakyzahra mengambil buku tentang kebiasaan burung hantu, malam hari terbangun dan tidur pada siang hari. Dimulai dengan menyanyikan lagu “Burung Hantu” dan dilanjutkan membacakan buku tentang burung hantu. Sesi ini cukup bisa memanaskan suasana yang sebelumnya cukup hangat.

Menikmati bacaan baru di TBM Pencerah.

Sebelum acara puncak dengan dongeng Humaira, dimana kondisi anak-anak sudah cukup aktif, bunda memperkenalkan lagu AYO MEMBACA. Lagu ini cukup sederhana sehingga mudah sekali dihafal oleh anak-anak. Harapannya akan menjadi salah satu lagu wajib di sekolah sebagai pengingat dan penyemangat agar anak-anak dekat dan cinta dengan buku dan membaca.

Bagaimana kira-kira lirik lagu “Ayo Membaca”? Begini liriknya :
Lagu “AYO MEMBACA”

Ayo buka bukumu, karena buku gudagnya ilmu
Ayo baca bukumu, karena buku jendela dunia
Agar kita jadi tahu, agar kita menjadi pintar
Karena membaca buku, membuka wawasan kita

Cukup simple, semoga bisa mudah diingat dan bisa menjadi semangat tersendiri bagi adik-adik untuk lebih cinta baca.

Reverensi berita : Bunda Zakyzahra Tuga – TulungagungMu

Related posts

7 Thoughts to “Mengenalkan Buku lewat Dongeng, Pesta Baca dan Dongeng Taman Bacaan Masyarakat Pencerah”

  1. Kegiayan yg bagus banget nih. Memang membaca hrs digalakkan sejak dini. Maka akan ada hasilnya klo sudah besar. Apalagi jaman sekarang banyak goadaan sehingga anak2 gak akrab dg buku. TFS kegiatannya mas. Bermanfaat sekali

    1. terima kasih bunda Eni ☺

  2. ini adalah kegiatan yang sangatpositif, terutama untuk membentuk kepribadian anak-anak.. kerennn mas end.. (y)

    1. Terima kasih om, he he he….

  3. jadi pengen punya anak mas 🙁

    1. ngahahahah….., lebaaaayyyy….. 😅
      masa iya sampe segitunya.

Leave a Reply