OPPO Selfie Tour : Expert workshop and Expert experience with “Selfie Expert”.

Selasa, 24 Januari 2017 kemarin, kota Malang kebagian event keren buat para Blogger. Event yang dibikin oleh salah satu produsen smartphone premium yang pada tahun yang lalu mengeluarkan lini seri “Selfie Expert” ini bertajuk “OPPO Selfie Tour With F1s Sellfie Expert”. Tidak hanya memperkenalkan perangkat andalannya secara lebih mendalam.

Tidak hanya itu, acara bertajuk “Selfie Tour 2017“ ini OPPO dengan murah hati juga mengajak temen-temen Blogger untuk lebih mendalami dunia vlog dan fotografi dari sang ahli. Workshop dan experience tentang bagaimana memanfaatkan kamera smartphone, baik untuk kebutuhan foto dan video ini secara berurutan akan di sampaikan oleh :

Aryo Meidianto Aji, Media Engagement OPPO Indonesia
Fatimah Kartini Bohang, KompasTekno Journalist
Kristian Tjahjono, Managing Editor Yangcanggih.com

Actualy, rundown acara yang di gelar di Monopoli Garden House and Resto, Jalan Soekarno-Hatta nomor 28 Kota Malang ini diawali dengan review gadget oleh Mr. Aryo. Tapi ini saya jadikan ulasan terakhir aja ya, biar lebih enak buata temen-temen baca. Eh, nggak juga sih. Awal acara justru kita langsung disuguhin menu makan siang ala Monopoli Garden, tapi lagi-lagi biar temen-temen nggak baper dan fokus dengan materi yang disampaikan, saya skip aja yaaa….. 😀

Blogger Malang Citizen ngopi bareng disela acara OPPO Selfie Tour.

How to be smart with your smartphone in 2017

Yeah, begitulah judul presentasi provokatif dari Fatimah Kartini Bohang, Journalist cewe dari KompasTekno. Dara cantik yang biasa di panggil Tini ini menjelaskan bagaimana di tahun 2016 dunia maya menjadi topik hangat untuk para selebgram, selebtwit dan youtuber. Nah diawal 2017 ini, khususnya youtuber sedang naik daun para vlogger. Yups…, Vlog atau sebuah blog yang bermediakan video yang juga sering di unggah di yuotube ini sekarang lagi ngehits. Di Indonesia, jajaran artis Vlog banyak di jumpai, seperti Raditya Dika, Salsabilah, Bayu Skak, Kaesang, Edho Zell, Arief Muhammad dan tentu saja Fatimah Kartini Bohang sendiri yang biasa ngevlog untuk KompasTekno.

OPPO Selfie Tour kali ini, Tini membagikan rahasianya dalam membuat Vlog kece, ramuan rahasiannya Tini bagi menjadi 3 point utama, yaitu Pre-Production, Production dan Post-Production. Pre-Production ada tujuan dari pembuatan Vlog, artinya vlog yang akan kita buat ini akan berwarna apa, ataukah Travelig, Critics-opinion, Culinary, Music, atau Daily.

Fatimah Kartini Bohang dari KompasTehno saat memberi materi tentang Vlog dalam OPPO Selfie Tour.

Setelah kita  menemukan “warna” dari vlog yang akan kita buat, selanjutnya kita masuk pada bagian Produksi. Dalam bagian ini kita memerlukan Flow chart, Story board, tools dan Place (where and when). Tenang, semua tahap tersebut tidak perlu dituangkan dalam bentuk fisik (kecuali tools) dengan begitu formal, cukup maintenance saja dalam pikiran jernih temen-temen. 😀

Tini mengingatkan, saat proses produksi berlangsung, berusahalan untuk menjadi diri sendiri! Karena dengan begitu, vlog temen-temen akan punya ciri khas tersendiri. Selain itu, Tini juga menambahkan untuk  “be Flexible” karena kita tidak akan pernah menemukan situasi yang sama dengan yang kita rencanakan, and stay Classy!!

Terakhir, masuk ke bagian Post-Production. Dari materi yang sudah kita dapat, tentu akan kita percantik dulu di phase Editing. Mulai dengan audio yang musti match dengan visualnya, perpindahan frame to frame yang smooth, juga durasi akhir vlog. Tini menyarankan untuk durasi tidak lebih dari 3-5 menit, karena penonton akan dibuat bosan dengan durasi yang cukup lama. Oh ya, bisa di tambahkan text sebagai pelengkap dan beberapa emoji untuk mempercantik vlog.

Selanjutnya, hapus file vlognya…!!! Nga ha ha ha…….., nggak lah…! Langkah penentu selanjutnya adalah jangana lupa dan janagan pernah malu untuk share di beberapa akun social media yang temen-temen punya, and be famous!

The best camera is the one you have with you

Mengutip quote dari Chase Jarvis, Kristian Tjahjono, Managing Editor dari yangcanggih.com membuka materi workshop kedua OPPO Selfie Tour dengan bahasan tentang fotografi. Tidak banyak yang disampaikan Kristian Tjahjono di sesi ini, sebuah materi yang sungguh tepat. Kenapa? Sesuai bahasan kali ini tentang fotografi, Kristian Tjahjono lebih menunjukan hasil-hasil karyanya. Yupss…., biarlah foto yanag berbicara!

Kristian Tjahjono, Managing Editor yangcanggih.com menjelaskan tentang fotografi OPPO Selfie Tour

Hasilnya? Kereeennnn……!! Banyak peserta yang justru tertarik untuk menyampaikan pertanyaannya di sesi fotografi ini. Mulai dari komposisi warna, pencahayaan dan moment. Kristian Tjahjono mengatakan, moment adalah hal yang begitu krusial, kita tidak dapa mengembalikan moment, waktu tidak dapat di putar ulang. Untuk itu, terutama bagi jurnalis atau blogger traveler, kejelian dalam mengambil gambar juga perlu dijaga.

Hasil gambar yang diberikan Kristian Tjahjono begitu detail, mulai dari foto panorama, hingga close up begitu indah tertangkap kamera, bahkan di waktu malam hari.

Jujur, ini yang membuat saya terkejut. Hampir semua foto yang diambil Kristian Tjahjono dan vlog yang dibuat Fatimah Kartini Bohang tidak menggunakan kamera DLSR, cukup dengan OPPO F1s! Bahkan saat editing video untuk vlog, juga cukup menggunakan Camera Phone ini…!

OPPO Cameraphone

Sorry bro, bukan lagi di endorse sama OPPO (ngarepnya sih gitu juga). But that’s true! Melihat hasil foto yang disampaikan Kristian Tjahjono bikin saya falling in love sama gadget yang satu ini. Dan peserta workshop (khususnya saya) akan semakin ngeh setelah penjelasan dari Aryo Meidianto Aji, Media Engagement OPPO Indonesia ini.

Cowok subur yang biasa di panggil Aryo ini menjelaskan dengan detail tentang produk OPPO terutama OPPO F1s. Perangkat seri “Selfie Expert” initernyata memang istimewa dalam hal pengambilan gambar. “Selfe Expert Bukanlah Sebuah Jargon, Marketing Gimmick,Hal Tersebut Dapat Dibuktikan” jelas Aryo. Karena memang faktanya  OPPO F1s ini sudah menyematkan kamera depan 16 Megapixel, yang merupakan terbesar di kelasnya. Selain itu Sensornya pun juga cukup besar, yaitu 1/3.1 inchi, kamera smartphone modern rata – rata memiliki sensor ¼ inchi.

Dimalam hari, banyak smartphone yang menyerah dalam pengambilan foto, tentu tidak dengan OPPO F1s yang sudah menyematkan diafragma besar F/2.0, sehingga cakupan cahaya yang masuk akan lebih banyak, hasilnya gambar lebih terang meskidi malam hari.

Hanya bermodal foto dan penjelasan tehnis lalu saya merasa jatuh cinta? Tentu tidak, saya dan temen-temen media, Blogger dari Malang Citizen dan OCC ( Oppo Campus Community) juga diberi kesempatan untuk experience OPPO F1s.

Salah satu hasil bidikan saya menggunakan OPPO F1s

Tidak saya sia-siakan, device yang saya terima langsung saya jadikan pembuktian. Di OPPO F1s saya menemukan menu “Expert Mode” yang hampir mirip dengan kamera DLSR yang biasa saya pakai. Keuntungannya, Pengendalian manual untuk: Fokus, White Balance, Exposure, ISO, Shutter. Lebih leluasa dan sangat bermanfaat. Dan yang paling keren adalah pilihan penyimpanan gambar dalam format RAW. Karena gambar dalam format RAW (Digital Negative) ini memberikan ruang lebih saat proses editing.

Well, experience kali ini bener-bener berkesan bagi saya. Apalagi di akhir acara ada1 games yang berhasil saya menangkan dari beberapa games yang disediakan panitia. Sedikit nyesek di hati sih, karena saya menang di game dart, alias game ketepatan menembak sasaran, karena saya emang jago di situ, tapi urusan nembak cewe, sudaaahhhh….. jangan ditanyakan….! ^_^

Related posts

8 Thoughts to “OPPO Selfie Tour : Expert workshop and Expert experience with “Selfie Expert”.”

  1. Keren yah mas, hasilnya mantap. Banyak ilmu yang bisa didapat. Sering2 gitu mau melu terus haha

    1. Kalo aku maunya di endorse OPPO mas, buat vlog. Ngahahahahah…….

        1. Yuk, kemana ini…???
          😀 😀

  2. Looh,,, aku gak diajak iki ceritane,,, hehe

    Ayo ngevlog bareng pake oppo f1s nya mas endrita,,, haha

    1. ngahahaha…, nunggu di endorse dulu mas…
      😀

  3. Kereen ya materinya, emang vlog lagi booming sekarang, Yuk kapan kita ngevlog rame2?

    1. Yuk, jangan lupa saya diajarin, he he he….

Leave a Reply