Pameran Arsitektur – Indonesian Architects Week @Seoul 2017 – Traveling Exhibition : Malang

Kota Malang – Pada 2-16 Desember 2017 bertempat di Pabrik Keramik Dinoyo, Jl. MT Haryono Gang 9, Malang, digelar pameran arsitektur bertajuk “Indonesian Architects Week @Seoul 2017 (IAWS2017) – Traveling Exhibition: Malang” dengan tema “Architecture and the City: Indonesian Architects, Responses, Approaches, and Processes.” Diselenggarakan oleh komunitas Inhabitat Architecture (INHA) pameran ini terbuka untuk umum mulai pukul 10 pagi – 8 malam dan bebas biaya masuk.

Menurut Yoshua, salah seorang panitia, pameran arsitektur ini pada mulanya diselenggarakan di Seoul, Korea Selatan, pada 2-10 September 2017 yang baru lalu. Pameran tersebut dimaksudkan untuk mengenalkan karya arsitektur Indonesia kepada khalayak Internasional dan merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa bertajuk Indonesia Architect Week Tokyo (IAWT) yang digelar di Tokyo, Jepang, pada tahun 2011.

Gedung pabrik keramik Dinoyo, dipilih sebagai tempat pameran arsitektur karena memiliki sejarah arsitektur yang panjang di kota Malang.

Tapi agar komunitas desain dan masyarakat umum di Indonesia bisa menyaksikan pameran arsitektur tersebut dari dekat, maka diboyonglah pameran tersebut ke Bandung pada 14-27 Oktober 2017 (IAWS2017: Traveling Exhibition Bandung) dan kemudian di Malang (IAWS2017: Traveling Exhibition Malang).” katanya. Sebanyak 53 biro arsitek kenamaan turut memamerkan karyanya.

Pameran ini dikurasi oleh Danny Wicaksono dan Defry Ardiana. Karya yang ditampilkan berupa maket desain bangunan serta sketsa arsitektur dari mahasiswa-mahasiswa arsitektur beberapa perguruan tinggi kota Malang.

Biro-biro arsitek yang berpameran di IAWS2017: Traveling Exhibition Malang ini di antaranya: ABODAY Design, andramatin, Atelier Cosmas Gozali, Atelier Riri, Djuhara + Djuhara, Magi Design Studio, KFA Studio, Parisauli Arsitek, PT. Arkonin, PT. Urbane Indonesia, SHAU, Sigit Kusumawijaya, dan masih banyak lagi.

Selain pameran, di tempat ini pada setiap harinya juga diselenggarakan workshop arsitektur dan talkshow. Materi yang disampaikan antara lain workshop menggambar sketsa arsitektur serta isu-isu mutakhir dalam dunia arsitektur Indonesia. Pemateri merupakan arsitek-arsitek ternama dan juga pengajar di beberapa perguruan tinggi arsitektur Jawa Timur.

Pameran di IAWS2017: Traveling Exhibition Malang di pabrik keramik Dinoyo – Malang

Ketika ditanya perihal pemilihan lokasi pameran yang berada di Pabrik Keramik Dinoyo, Yoshua menuturkan bahwa Pabrik Keramik Dinoyo ini dari segi arsitektur memiliki sejarah yang panjang di kota Malang, selain juga bentuk bangunannya yang khas dengan atap yang tinggi dan pilar-pilar yang besar kendati sejak beberapa tahun belakangan ini bangunannya tidak lagi difungsikan.

Arsitektur bukan melulu tentang desain bangunan. Ia juga berinteraksi dengan lingkungannya. Dan salah satu tanda kemajuan suatu kota adalah bisa dilihat dari arsitekturnya,” sambungnya.

Pabrik Keramik Dinoyo didirikan oleh Lembaga Penyelenggara Perusahaan-perusahaan Industri Departemen Perindustrian (LEPPIN) pada tahun 1957 dan diresmikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Bapak Mohammad Hatta. NEXT

Related posts

One Thought to “Pameran Arsitektur – Indonesian Architects Week @Seoul 2017 – Traveling Exhibition : Malang”

  1. sad, kapan ya bakalan ada di jakarta, pengen ikutan buat nambah wawasan sekalian ngumpul sesama arsitek di jakarta

Leave a Reply