(Lagi) Viral motor roda tiga, Hoax!

Sebenarnya saya malas untuk membahas ini, karena dari awal saya sudah yakin, seyakin cintaku padamu kalo berita ini bohong semata. Tapi Karena banyak banget yang tanya dan disebut-sebut motor roda tiga ini ada di kota Malang dan Kediri, jadi dengan penuh berat hati saya membahasnya. Semoga semuanya bisa kembali ke jalan yang benar, buat emak-emak semoga diberi ketabahan, buat para Suami bersiap banting tulang lebih keras untuk belikan mobil beneran buat para istri yang sudah mulai berkeluh nganterian anak ke sekolah dan belanja kepasar.

Berita ini viral lagi setelah pemilik akun bernama Wuryandari Hadi mengunggah beberapa foto penampakan motor roda tiga dengan captionSabar ya… bentar lagi sampai Semarang dan Salatiga, matic, 250cc, bensin, ac, bisa jalan mundur.muat 3 orang,ada tv,usb harga di dealer Kediri 18,5 juta. Cie.. ibu ibu syantik pada gemes tuch”. Kontan, status yang di unggah sejak tanggal 31 Januari tersebut banjir komentar, bahkan sudah di share sebanyak 124.757 kali….!

Foto-foto Viral motor roda tiga yang di unggah di akun facebook.

Selang 1 hari ibu rumah tangga berdomisili Salatiga ini kembali mengungah beberapa foto chat grup yang menekankan bahwa sudah ada kesaksian dari pembeli kendaraan motor roda tiga ini dengan kata-kata : “………Kebetulan dalam percakapan tsb sipenjawab baru saja membelikan pakdenya 2 unit dari dealer dgn alamat yg ada di ss.inden 21 hari dgn dp 3 juta….” Langsung deh jamaah facebookiyah yang rata-rata ibu rumah tangga ini klepek-klepek. Hampir 85% mengungkapkan ketertarikannya dengan motor roda tiga ini, sebagai penunjang mobilitasnya untuk ke pasar dan antar anak sekolah.

OK, sekarang kita coba analisa berita Hoax ini (udah, jangan pasang wajah kecewa gitu…..)

Berita serupa pernah viral juga sebelumnya, yaitu sekitar tangga 13 Desember. Sama, berawal dari akun facebook. Namun kali ini dari Malaysia. Akun tersebut memberitakan bahwa kendaraan tersebut sudah hadir di Malaysia dan akan dipasarkan dengan harga promosi 2.000 ringgit atau Rp 6 jutaan dan tentulah berita ini hoax alias bohong, karena di negara asalnya sendiri (China) berdasarkan hasil pencarian saya, dijual dengan harga 12.800 yuan atau setara dengan 8.200 ringgit atau Rp 24 juta.

Awal Viral motor roda tiga dari grup jual beli di facebook

Di status facebook bu Wuryandari Hadi dijelaskan bahwa dealer Mocin ini ada di Kediri dan update terbarunya ada di Malang (jalan Veteran no.2). Apa iya saya yang saban hari di Malang, pulang pergi ngelewatin Jl. Veteran ga pernah nemu sosok imut beroda tiga ini? Dan lagi, jalan Veteran no.2 ini adalah alamat mall di kota malang (MATOS) ada yang tiga hari terakhir jalan-jalan ke Matos? Nah….

Dibilang kendaraan ini bermesin bensin dengan kapasitas 250cc, tapi coba perhatikan logo belakang mocin imut ini, ada gambar colokan listrik! Betul, motor roda tiga ini menggunakan energi listrik. Saya juga menemukan produsen kendaraan ini di situs jual beli terbesar di asia, Alibaba. Disana dijelaskan bahwa Driving Type : Electric dengan power 501 – 800W.

Gambar-gambar penampakan mocin ini pun ternyata juga tidak di ambil di Indonesia, apalagi di Malang atau Kediri, semua gambar ini sama persis dengan gambar dari produsen kendaraan ini sendiri yang ada di China ( Bukan dari Jepang, seperti yang di ceritakan sang pembeli di facebook ).

Kendaraan yang katanya sudah bisa di beli dengan DP 3jt ini berharga 18,5 juta. Padahal hasil penelusuran saya di Alibaba, kendaraan yang bernama DZY ini di bandrol seharga US $3,190 / Unit atau sekitar 43juta. Tentu itu belum termasuk pajak dan pengiriman ke Indonesia.

Baca Juga : Apakabar mobil ESEMKA?

Bagaimana ibu-ibu sekalian, sudah mulai lemes dan hilang harapan? Tenang, yang Hoax kan beritanya, bukan barangnya. Jadi kalo sudah pada ngebet buat memiliki mocin imut ini, bisa kok langsung impor sendiri dari Cina, tentunya siapkan juga budget lebih yang jika di akumulasikan bisa buat beli mobil “beneran” meski second. 😀

Related posts

19 Thoughts to “(Lagi) Viral motor roda tiga, Hoax!”

  1. Untung lah aku belum tertarik… Udah punya minthi wkwkwkwk… Ga tau kan siapa minthi…#abaikan

    1. minthi ini semacam nama panggilannya motor, he he he

  2. Anggun

    Nek TATA Nano sing njempalik kuwi piye, mas? Hoax opo hoax banget? Hehe

    1. Apanya Njunt? Kalo produknya emang ada TATA Nano, bahkan sekarang sudah masuk generasi ke-5.
      Tapi emang sengaja tidaak di pasarkan ke Indo, meski dealer TATA sendiri sudah resmi ada di Indo. 🙂

  3. Cocok ya buat ibu-ibu yang suka jemput anak sekolah biar lebih nyaman tapi harganya reeek 😀

    1. wkwkwkwk…., mending dibeliin motor aja mas, apa mobil second 😀

  4. whuahahaha…. dasar emak-emak kuwi ya, pinter banget nyebar hoax. Mbok ya kalau nyebar hoax yg bermanfaat, misalnya gimana caranya biar emak-emak bisa tetep langsing. #kodeuntukku

    1. he he he…., akhirnya jadi modus penipuan ini mbak.
      harga 18 jt, silahkan transfer DPnya dulu 5-6jt. trus bablas….
      😀

  5. Aku kok ga tertarik yo mas. Pas berita iki viral di fb aku cuek aja hahahaha
    Harga 43 juta? Sekalian aja beli mobil #moduainpapaai

    1. ha ha ha…., ga nahan sama hastagnya.
      #modusinpapaai
      ^_^

  6. Yani

    Ealaahhhhh.. Tuwas ngeden lek golek alamat dealer e rweekkkk.. ;'(

    1. hi hi hi ….., cari lagi mbak. Ntar kalo ketemu, aku di kabarin yaaa….
      😀

  7. Sbenernya keberadaan motor mungkin bukan hoax, tapi, dari segi pemasaran saja:
    1. Legalisasi merk dagang , perpajakan, hak cipta, semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan pasti membuat “keder” nyali kalau tidak bermodal “killer” dan bermental “rambo” (wani modiar di medan laya)
    2. Belum lagi dedengkot motor gede2 merk dari Jepang trutama , yg notabene sudah puluhan tahun merajai Indo, lha mana mau disenggol motor mewah harga murah, canggih luar binasa. Ya “Yakuza” mreka “turun tangan” lah.

    Semua faktor di atas, manghalangi pesaing2 dari negara2 lain yg ingin masuk indonesia, bahkan buatan anak negri untuk berkembang, terkecuali ada dukungan pemerintah. Lha kalo pemerntah masih butuh pajak gede ya, sapa bisa dan brani yang menang. Pastinya pesaing2 krucil yg baru mulai tumbuh, udah mati kegencet.
    Kcuali juga, mreka bisa exist asal mau gabung dengan raksasa2 otomotif. Yg mana, kreatifitas, dan ciptaan skaligus profit bakalan bukan milik mreka lagi.

    1. Betul banget, produk ini di negara asalnya sudah banyak dijumpai.
      Di Indonesia, jika merunut regulasi, mesin tenaga listrik masih belum ada aturannya.
      Sedangkan kalo versi bahan bakar, seperti yang Ce Chrisma bilang, butuh lebih dari sekedar desain yang menarik, tapi juga dukungan yang super kuat untuk bisa masuk kedalam pusaran jaringan “jepang” di Indonesia.
      Bahkan untuk mobil / motor Nasional pun juga harus gigit jari saat berusaha bermain di pasar sendiri.
      Ironi…..

  8. Yahudianto

    coba di cek lagi, itu bukan hoax. plat nomer dan tempat pengambilan foto

    1. yang bagian mananya nih om yang bukan Hoax?
      Coba baca sampai habis dulu yach…
      ^_^

  9. Ternyata brtanya hanya hoax saja .. kirain bnar

  10. Ini Hoax yang fakta ya mas? hehe..

    1. Fakta yang mengHoax-kan 😀

Leave a Reply