Xiaomi Redmi 4A – The new king of affordable smartphones.

Masih membicarakan keajaiban brand asal Tiongkok, kali ini keajaiban lahir dari produk (lumayan) barunya yang diberi nama Xiaomi Redmi 4A. Karena kemarin saya menjuluki Xiaomi Redmi 3s Prime dengan affordable smartphone, rasanya nggak terlalu berlebihan kalo Xiaomi Redmi 4A ini saya julukin “The new king of affordable smartphones”. Kenapa? Yuk, baca sedikit ulasan dan unboxing-nya.

Brand ajaib ini punya pola pasar yang unik, karena brand ini tidak bersaing head to head dengan brand lain, melainkan justru dengan kembarannya sendiri. Maksudnya? Iya, Xiaomi punya misi besar untuk menggerus pasar saudaranya yang lahir diluar nikah yang peredaraannya di pasaran justru lebih banyak. Masih binggung? Ah…., sudah lah…. 😅

Xiaomi Redmi 4A terlihat tipis dan elegant.

Xiaomi Redmi 4A mempunyai 2 variant, yaitu RAM 2GB/16GB dan RAM 2GB/32GB yang keduanya hanya terpaut selisih harga kisaran 100rb. Nah, karena selisih harga yang nggak terlalu jauh, jadi saya memutuskan untuk sekalian mereview yang internal 32GB.

Tidak bisa di pungkiri, salah satu nilai jual utama dari Xiaomi redmi 4A adalah desain. Smartphone yang sudah menggendong chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 ini berbaju full metal body, profil kecil dan ringan dari Xiaomi Redmi 4A ini menjadikannya lebih nyaman untuk digenggam.

Hasil foto jarak dekat Xiaomi Redmi 4A

Seperti seri 3 kemari, Xiaomi Redmi 4A juga mengusung konsep desain unibodi, baterai pada Xiaomi Redmi 4A ini tidak dapat dilepas dan cover belakangnya juga menjadi satu dengan bagian frame, dan ini yang sedikit membuat saya khawatir. Tapi, berkaca dari produk Xiaomi sebelumnya yang mempunyai ketangguhan yang cukup lumayan pada baterai membuat sedikit mengesampingkan kekhawatisan saya kepadaseri yang sudah menyajikan OS Android versi  v6.0.1 (Marshmallow) ini. Apalagi Kapasitas yang tersedia sebesar 3120mAh, sudah cukup besar untuk sebuah smartphone dibawah 2 juta.

Meski kapasitas penyimpanan internalnya sudah mencapai 32GB, Xiaomi Redmi 4A menawarkan opsi penyimpanan pada microSD, hingga 256 GB. Sayangnya, opsi ini berlaku hybrid pada SIM card. Jadi pilihannya mau pakai dua SIM card atau microSD, mau dua istri atau anak? Eh…. 😂

Hasil foto outdoor Xiaomi Redmi 4A

Lagi-lagi mirip seperti seri 3, tepatnya Redmi 3S. Layar Xiaomi Redmi 4A juga berukuran 5 inci. Resolusinya pun sama persis, yakni masih HD 720p dengan panel IPS capacitive touchscreen, 16M colors.

Baca juga : Xiaomi Redmi 3s Prime

13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash adalah senjata utama Redmi 4A dalam hal pengambilan gambar. Selain itu, Redmi 4A juga dilengkapi 5 MP, f/2.2 di depannya sebagai perangkat selfie. Tentu hasil yang didapat tidak perlu di ragukan, karena ini juga merupakan salah satu pertimbangan saya untuk meminang perangkat ini.

Untuk kemampuan merekamnya pun terbilang tinggi karena Redmi 4A ini dapat menghasilkan video dengan resolusi Full HD dengan kecepatan 30 fps. Seperti biasa, ada juga pengaturan Time Lapse yang dapat diatur jeda waktu intervalnya.

Untuk paket penjualannya masih sama saja dengan beberapa seri Xiaomi sebelumnya, hampir tidak ada perbedaan. Tapi bagi yang masih penasaran, saya masih dengan setia untuk Unboxing Xiaomi Redmi 4A yang bisa disimak di sini :

Meski Redmi 4A minus teknologi pemindai sidik jari, namun dengan performa hipset Qualcomm Snapdragon 425, Xiaomi Redmi 4A berhasil menyuguhkan performa yang menajubkan. Untuk ber-multitasking, nge-game, serta aktifitas harian lainnya bukan masalah untuk Redmi 4A ini. Ditambah harganya yang terbilang cukup murah di kelasnya, tidak terlalu berlebihan rasanya jika seri ini saya namakan “The new king of affordable smartphones” akhirnya saya pun meminangnya. 😉

Related posts

7 Thoughts to “Xiaomi Redmi 4A – The new king of affordable smartphones.”

  1. dian

    HP-ku…
    😍😍

  2. secara garis besar, mending xiaomi apa oppo si? hmmmm

    1. OPPO dengan kwalitas seperti Xiaomi masih relatif mahal sih kalo menurutku.
      ^_^

  3. Hasil kameranya memang bagus banget. Suamiku pakai ini juga, 🙂

    1. wahhhh……., sama mbak.
      Istriku juga pake HP ini
      ^_^

  4. […] Baca juga : Xiaomi Redmi 4A – The new king of affordable smartphones. […]

Leave a Reply