Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Anak Susah Makan jadi momok setiap orang tua

Anak Susah Makan memang menjadi momok tersendiri bagi sebagian besar Orang tua. Makanan adalah sumber nutrisi bagi anak, jika asupannya kurang mau dapat nutrisi darimana? Misalnya nggak doyan nasi tapi masih mau jus buah atau sayur, bagaimana? Ya, lumayan sih. Tapi kalau sudah GTM alias gerakan tutup mulut ya bisa berabe kan?

Daripada anak kekurangan gizi, orang tua harus putar otak mencari cara agar anaknya tetap lahap saat makan. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa. Tapi yang perlu diingat, belum tentu semua cara berikut bisa berhasil sempurna ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

1. Menyenangkan Hati Anak

Tidak hanya orang dewasa yang nafsu makannya meningkat jika hatinya senang. Demikian juga dengan anak-anak yang akan lahap jika sedang bahagia. Tidak ada salahnya, bukan? mencoba cara pertama ini jika anak Anda mogok makan. Coba deh belikan balon favoritnya, atau ajak ia jalan-jalan ke tempat kesukaan, mengajaknya main air, dan lain-lain yang penting bisa buat hatinya senang.

2. Variasikan Menu dan Tampilan Makanan

Biasanya, Anda yang terlalu sibuk tidak sempat memberikan menu yang variatif untuk makanan anak-amak. Padahal anak-anak tertarik dengan beragam bentuk lucu dan unik. Nah, jika anak-anak sedang mogok makan, coba deh berikan variasikan menu dan tampilannya. Sisihkan sedikit waktu Anda untuk berlatih membuat bento berbentuk idola kesukaan si kecil. Variasikan menu melalui bento yang Anda buat, sekalian mengenalkan beragam makanan kepadanya.

3. Tunda Kudapan

Alih-alih memberinya kudapan, makanan yang padat gizi dan kaya energi tentunya lebih baik, bukan? Coba deh tunda kudapan jika anak belum mendapat asupan makanan berat. Kudapan akan memberikan efek kenyang sementara sehingga saat waktunya makan nasi dan sayur anak sudah kenyang duluan.

4. Stop Gadged Saat Makan

Gadged adalah segala sesuatu yang memancarkan radiasi, bukan cuma hape tapi juga televisi. Daripada mengajaknya Anak Susah Makan untuk nonton kartun kesukaan lebih baik ajak anak untuk berinteraksi melalui permainan sederhana. Misalnya Anda menjadi badut dengan suara lucu, anak menjadi kucing, atau bermain peran yang lain. Bermain gadged saat makan hanyalah membuat anak fokus satu arah yaitu pada tontonan, dengan bermain peran membuat komunikasi dua arah dan Anda dapat menyuapi anak di sela-sela permainan.

5. Berikan Suplemen Penambah Nafsu Makan

Sari Temulawak Herbadrink solusi mengatasi anak susah makan
Sari Temulawak Herbadrink solusi mengatasi anak susah makan

Anak Susah Makan juga bisa diatasi dengan Suplemen, tapi saran saya sih suplemen alami ya, misalnya temulawak yang mengandung curcuma, atau suplemen lain yang berbentuk herbal. Suplemen non herbal biasanya mengandung pemanis buatan yang tentunya berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Khasiat temulawak untuk anak tak perlu diragukan lagi. Kandungan curcuminoid pada bahan dapur ini diyakini mampu meningkatkan nafsu makan seseorang jika dikonsumsi dalam dosis yang sesuai. Selain itu temulawak juga mengandung kurkumin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Fungsi antibakteri dan antivirus pada temulawak juga membuatnya semakin ampuh dalam membantu tubuh mencegah terkena serangan penyakit akibat infeksi.

Sari Temulawak Herbadrink, Minuman Herbal Praktis Penambah Nafsu makan

Namun terkadang Anda yang terlalu sibuk sudah nggak sempat meracik sendiri temulawak untuk diberikan kepada anak. Nggak perlu khawatir karena saat ini telah hadir Sari Temulawak Herbadrink yang tentusaja lebih praktis. Sari Temulawak Herbadrink dibuat dari resep tradisional dan tanpa bahan pengawet.

Sari Temulawak Herbadrink mengandung ekstrak temulawak 470 mg, gula dan bahan lainnya hingga 18 g.
Sari Temulawak Herbadrink mengandung ekstrak temulawak 470 mg, gula dan bahan lainnya hingga 18 g.

Selain memperbaiki fungsi pencernaan, Sari Temulawak Herbadrink juga dapat memelihara fungsi hati dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemasannya praktis dan higienis lho, Anda tinggal seduh dan siap diminumkan ke anak-anak. Oleh karena diproduksi dengan teknologi tinggi, minuman ini bersih dan tanpa endapan. Anak-anak pasti suka.

Sari Temulawak Herbadrink mengandung ekstrak temulawak 470 mg, gula dan bahan lainnya hingga 18 g. Cukup larutkan 1 saset Herbadrink Sari Temulawak kedalam +/- 150 ml air panas atau dingin, sajikan dan nikmati manfaat alaminya segera bersama anak-anak. Herbadrink tersedia juga dalam varian Sari Lidah Buaya dan Sari Jahe. Coba juga ya!

Agar tumbuh kembang anak-anak menjadi optimal, ia perlu pola makan yang baik. Nafsu makan yang baik akan menghindarkan anak dari picky eater dan mendukung proses tumbuh kembangnya. Begitu juga dengan sistem kekebalan tubuh yang secara alami dapat melawan serangan bakteri dan virus. Oleh karenanya mengonsumsi temulawak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki nafsu makannya. Seorang teman pernah berkata, bukan hanya jenis makanan yang menjadikan anakmu cerdas,tapi doa yang kau panjatkan di setiap suapannya. Mari kita selalu berdoa semoga makanan yang kita suapkan kepada anak-anak menjadikannya selalu sehat dan cerdas dunia akhirat. Tapi tetap usaha lho ya, jangan mentang-mentang udah berdoa lantas tak ada usaha lain. Jika perlu ajak anak ke dokter saat tubuhnya mulai memberikan sinyal kurang gizi. Semoga berhasil menerapkan cara mudah mengatasi anak susah makan ini ya.

NEXT

Related posts

4 Thoughts to “Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya”

  1. Alhamdulillah ya ada Herbadrink Sari Temulawak, zaman dulu kalau ga doyan makan dicekokin ama perasan temulawak yg pahit wekekekeeke

    1. wkwkwkwk….., bener. Dan kalo Sari Temulawak Herbadrink, tanpa di minta minum Haekal malah yang minta. 😀

Tinggalkan Balasan