Aplikasi Qasir - Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir
Aplikasi Qasir - Cara Sukses Dagang Sambil Nyengir

Aplikasi Qasir – Kelola keuangan bagi semua usaha tentu adalah hal yang paling krusial, nggak hanya krusial karena kepentingannya untuk diketahui, tetapi juga krusial karena kesulitannya. Terlebih bagi orang-orang yang tidak cukup memahami bagaimana seharusnya catatan keuangan itu dibuat, sehingga belum cukup suatu bisnis berjalan, tiba-tiba keuangan menjadi amburadul dan tidak tertata. Beberapa saat lagi, akan dapat dipastikan bisnis tersebut gulung tikar, jika tidak segera merombak sistem pengelolaannya.

Tidak hanya berlaku bagi bisnis besar—yang pastinya mereka sudah merekrut orang-orang yang memang ahli dalam bidang akuntansi dan permanajemenan—tetapi juga berlaku bagi bisnis kecil seperti UMKM. Pengelolaan bisnis UMKM di Indonesia haruslah diperlakukan serupa oleh para pemiliknya, alias menjadi bijaksana dalam mengelola bisnis UMKM agar dapat bertahan dan berkembang. Kebanyakan dari para pelaku usaha UMKM tidak dapat mengembangkan atau bahkan mempertahankan bisnisnya adalah karena catatan keuangan bisnis tidak tertata dengan rapi, di mana seringkali harta pribadi dan harta bisnis masih dianggap sebagai satu kesatuan—yang dapat keluar masuk tanpa pencatatan.

Co Founder - CMO
Rachmat Anggara S. Co Founder – CMO Qasir mempresentasikan tentang aplikasi Qasir. Foto by : Hana Gemintang – School of Excellence

Padahal hal ini akan sangat merepotkan, karena seringkali arus kas tak tercatat secara rinci, akhirnya keuangan bisnis jadi tidak terkendali. Hal ini disampaikan oleh Mbak Indah selaku praktisi keuangan dari Hana Gemintang, dalam sesi workshop “Entrepreneur Talks: Financial Planning for UMKM” di Ngalup Coworking Space, Selasa, 30 Juli 2019.

Dalam pengelolaannya memang tidak mudah, untuk membuat rincian catatan keuangan arus kas, terlebih bagi para pelaku UMKM yang sering merasa terbebani dengan waktu yang pastinya akan habis hanya untuk pencatatan. Namun, kali ini jangan khawatir, karena sistem pencatatan keuangan yang mudah dan murah dapat digunakan oleh siapa saja. Bahkan bagi yang tidak paham betul dengan sistem akuntansi.

Seluruh peserta workshop “Entrepreneur Talks: Financial Planning for UMKM”
Seluruh peserta workshop “Entrepreneur Talks: Financial Planning for UMKM” kerjasama antara Hana Gemintang – School of Excellence dan Qasir di Ngalup Co-Working Space.

Aplikasi Qasir adalah jawabannya. Aplikasi yang merupakan sistem dagang online yang dibuat dengan tujuan membantu pelaku bisnis UMKM menjalankan bisnisnya tanpa ribet dan mahal. Aplikasi yang dapat diinstal di smartphone dan memiliki beragam manfaat, seperti:

  • Hemat Waktu

Membuat catatan keuangan yang rinci tentu saja akan menghabiskan banyak waktu, tetapi Qasir memudahkan pengguna dengan beragam fitur yang dapat tersinkronisasi secara otomatis.

  • Data terperinci

Dari setiap data yang sudah di-input dalam aplikasi Qasir, pengguna dapat mengetahui keuntungan bulanan. Tidak hanya itu, aplikasi Qasir juga terdapat fitur notifikasi setiap stok mencapai dalam jumlah minimum. Bahkan aplikasi ini dapat membantu mencatat data-data para pelanggan secara rinci, termasuk piutang yang diberikan bisnis.

  • Sistem Qomplit

Beragam fitur yang ada, tentunya sudah disiapkan agar mudah digunakan oleh pelaku UMKM dan dijalankan dengan server canggih yang bisa memproses data dengan cepat. Selain itu, saat menginput data-data toko, perangkat tidak harus dalam keadaan online. Jadi, pengunggahan materi dalam sistem dapat dijalankan, ketika terkoneksikan kembali dengan internet. Dan bisa dihubungkan dengan thermal printer dan barcode scanner untuk mempermudah aktivitas penjualan.

Aplikasi Qasir ini mulai diluncurkan dan dapat diunduh secara gratis di Playstore pada tahun 2016, di mana Co-Founder sekaligus CMO Qasir yaitu Rachmat Anggara yang beberapa waktu lalu hadir di Malang, dalam sesi pengenalan aplikasi Qasir dalam workshop yang sama. Menyampaikan bahwa, aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 50.000 UMKM di seluruh Indonesia dan di Malang sendiri sudah digunakan sebanyak 1.000-an UMKM. Dengan harapan Qasir dapat membantu pelaku UMKM di Indonesia dalam menjalankan bisnisnya, melalui rekapan data dan sistem yang murah serta mudah digunakan.

Penasaran dengan aplikasi ini, pelajari lebih detailnya disini.

NEXT

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here