Aquaman, Arthur Curry (Jason Momoa)
Aquaman, Arthur Curry (Jason Momoa)

Aquaman,Arthur Curry (Jason Momoa) merupakan seorang anak hasil perkawinan makhluk didua alam, laut dan darat. Kisah diawali dengan Atlanna (Nicole Kidman) seorang putri Atlantis yang kabur dari perjodohan dan berakhir dengan terdamparnya ia di tepi pantai Maine, serta mengambil setting tahun 1985. Ia ditemukan oleh TomCurry (Temura Morrison) seorang penjaga mercusuar.

Pembukaan yang manis dengan narasi voice over dari Jason Momoa. Ia menceritakan bagaimana dirinya terlahir dari pernikahan terlarang tersebut. Juga berbagai dongeng dari Atlanna mengenai sosok Raja sejati yang akan menyatukan segala perbedaan dua dunia itu di masa depan. Namun, segala adegan manis itu harus berakhir ketika pasukan militer Atlantis yang menyerang rumah mereka. Sebuah pertarungan antara Kidman dan para militer itu menjadi sebuah nilai tambah untuk film ini. Meskipun pada akhirnya, Atlanna harus meninggalkan keluarga ‘darat’nya untuk kembali ke Atlantis.

Karakter Absurd si Berandalan Slengean

Sepanjang film, terdapat banyak adegan yang sebenarnya serius, tetapi dibuat menjadi twis oleh film ini. Dan penempatannya tepat sehingga membuat penonton tertawa karena sisi komedi dari dialog Arthur Curry. Semisal ketika Aquaman menyelamatkan para kru kapal dari sekumpulan bajak laut dengan kapten yang diperankan oleh Yahya Abdul Mateen II (nantinya akan menjadi musuh bebuyutan Aquaman sebagai Black Manta). Dalam pertarungan serius itu, diselipkan dialog konyol si Arthur Curry. Lalu sebuah adegan dengan sekumpulan pria sangar di sebuah bar yang benar-benar mencerminkan generasi zaman sekarang, suka foto!

Sosok superhero DC Universe ini seperti memiliki karakter yang absurd, karena dengan badannya yang berotot, gondrong dan brewokan. Arthur Curry ini selalu menyalahkan dirinya atas kabar kematian Atlanna, yang diterima dari Vulko(Willem Dafoe, perdana menteri pemerintahan Atlantis yang baru). Selain itu,Aquaman juga selalu menyebut dirinya tidak pantas menjadi raja karena merasa tidak bisa melindungi daratan.

Halini juga membuat manusia darat setengah laut itu juga menolak ketika Mera(Amber Heard) muncul dari lautan dan meminta Arthur untuk menyelamatkan dua lingkungan spesies itu. Akibat sebuah rencana penyerangan ke daratan oleh Raja Orm (Patrick Wilson) yang juga merupakan adik tiri Arthur.

Aquaman, Arthur Curry (Jason Momoa)

Kampanye Perlindungan Ekosistem Laut dan Persatuan

Dalam film ini, ada sebuah adegan dimana tsunami menyerang daratan akibat ulah Raja Orm yang membuat peringatan. Dalam siaran berita dalam film ini, berpendapat bahwa seluruh sampah dari makhluk daratan yang dibuang ke laut selama beberapa dekade telah ‘dipulangkan’ oleh makhluk lautan. Dan beberapa scene yang memperlihatkan banyaknya sampah di dasar lautan. Namun, pesan ini harus sedikit dipatahkan dengan cukup ironis, ketika penyerangan tersebut akibat obsesi dari Raja Orm yang ingin menjadi Penguasa Lautan.

Selain itu, terdapat pula sebuah pesan moral akan indahnya keberagaman. Pesan tersebut disampaikan secara jelas oleh Atlanna di awal film, yang menyebutkan bahwa tidak ada dunia laut dan dunia darat. Karena keduanya adalah satu.

Mermaid Imitasi Drama Korea dan Kisah Lain Versi DCEU

Adegan pembukaan dari film ini benar-benar terasa mirip dengan serial drama Korea berjudul The Legend of The Blue Sea. Adegan lain dimana Atlanna yang menyerang Tom, terluka dan diobati Tom. Adegan ketika Tom menawarkan minuman hangat serta caranya mengajari meminum teh itu juga telah berada di salah satu episode awal serial drama Korea yang meluncur ke publik tahun 2017 silam! Ya, film ini diakhiri dengan bahagia karena Atlantis menemukan raja yang sesungguhnya dan hal ini menjadi sebuah dongeng, dimana Tom Curry juga selalu menunggu didermaga seperti layaknya Hoe Joon Jae menunggu kembalinya Sim Chung Yi dari lautan. Dalam beberapa adegan juga terasa sangat mirip dengan adegan di beberapa kisah, seperti pertarungan antara Raja Orm dan Arthurdi Ring of Fire. Dan yang paling buruk adalah adegan dimana film itu justru memuat hal konyol dengan adanya adegan si Mera dan Arthur yang mencari artefak kuno di tengah Gurun Sahara untuk mencari salah satu dari 7 kerajaan. Adegan itu terdengar seperti dalam Da Vinci Code.

Judul film: Aquaman

Rilis di Indonesia: Rabu, 12 Desember 2018

Sutradara: James Wan

Pemeran: Jason Momoa, Amber Heard, Patrick Wilson, Nicole Kidman, Temura Morrison.

Produksi: DC Universe – Warner Bross Picture

NEXT

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here