Hari Blogger Nasional 2018, Kolaborasi atau menunggu mati.

Hari Blogger Nasional 2018

Hari Blogger Nasional 2018, ada yang tau kapan Hari Blogger ini diperingatin? Serius, gw yang ngakunya Blogger ini juga baru ngerti kalo Hari Blogger Nasional itu diperingatin setiap tanggal 27 Oktober! Tenanggg….., tenang…., jangan cuman nyalahin Gw aja donk, salahin tuh Hari Sumpah Pemuda! Lha kok…?! Iya lah, siapa suruh Hari Sumpah Pemuda diperingatin setiap tanggal 28 Oktober, kan masyarakat umum jadi lebih mengenal itu daripada hari Blogger yang belum femesh ini!.

Ah, tapi Gw tetep bangga kok, dan yakin 27 Oktober makin tahun semakin banyak diperingatin oleh para Blogger dan sebangsanya. Why? Nah, si “Why” ini akan terjawab dengan materi yang dibawakan di acara Hari Blogger Nasional 2018 yang diselenggarakan di Kota Malang ini.

SAATNYA BLOGGER BERKOLABORASI

Moderator dan seluruh pembicara Hari Blogger Nasional
Moderator dan seluruh pembicara Hari Blogger Nasional – Malang. Foto : Richo

Peringatan Hari Blogger Nasional yang diselengarakan tepat di Hari Sumpah Pemuda (nah, bingung kan?!) kali ini, Smartfren Community Malang beserta beberapa komunitas Blogger yang ada di Malang Raya berinisiasi untuk menggelar acara bareng lintas komunitas blogger.

Meski bukan mempresentasikan dari seluruh blogger di Malang Raya, namun setidaknya ada 5 (lima) komunitas blogger yang menyambut baik acara bersama ini, yaitu Malang Citizen, Bolang (Blogger Kompasiana Malang), Blogger Kekinian, Emak Blogger Malang dan Blogger Ngalam yang berhasil Smartfren Community Malang kumpulkan.

Selain itu,Komunitas blogger nasional – Blogger Crony juga antusias mendukung acara Hari Blogger Nasional yang diadakan di Kota Malang ini.

Sepakat tanpa ada salah satu komunitas yang paling utama, Gelaran bertema “Blogger Malang Bersatu & Bersinergi” benar-benar diselenggarakan secara bersama-sama dengan penuh kekeluargaan.

KENAPA BLOGGER HARUS BERSINERGI?

Endrita Agung, selaku inisiator sekaligus member Smartfren Community Malang menyampaikan bahwa pentingnya sebuah penguatan jaringan, terutama antar sesama Blogger. “Dengan jaringan yang kuat dan terstruktur, tentu akan memudahkan kita untuk saling  berkomunikasi, berkoordinasi dan akhirnya membentuk sebuah kolaborasi yang positif

Dalam perkembangan dunia digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mulai melirik temen-temen Blogger, Influencer, Content Writer, Youtuber, dll dalam membantu memasarkan produk mereka.

Jika semuanya teridentifikasi dengan baik, tentu ini juga akan memudahkan klien dalam memutuskan kerjasama, begitu juga sebaliknya.

ACARA

Ngobrolin tentang profesi Blogger di era Industri 4.0
Ngobrolin tentang profesi Blogger di era Industri 4.0 yanag ternyata cukup menjanjikan. Foto : Richo

Selain untuk mengumpulkan Blogger-blogger seMalang Raya, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang mau tau, penasaran dan atau bingung untuk memulai sebagai seorang Blogger.

Materi yang disampaikan oleh ke-empat Keynote speaker pun juga saangat menarik bagi masyarakat umum yang hadir, karena materi yang disampaikan sengaja lebih ke pengetahuan umum, bukan tehnis.

Pembicara pertama, dari perwakilan Malang Citizen – Endrita Agung Wicaksono yang memaparkan materi “Nge-Blog Di Era Revolusi Industri 4.0” Revolusi industri 4.0 membuka   peluang yang luas bagi siapapun untuk maju. Teknologi informasi yang semakin mudah terakses hingga keseluruh pelosok menyebabkan   semua orang dapat terhubung didalam sebuah jejaring sosial.

Untuk itu, peran Blogger di era Industri 4.0 justru sangat besar, menekuni hobi sebagai Blogger saat ini sangat terbuka lebar dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi, dan menjadi seorang Blogger yang full time juga akan sangat menjanjikan.

Selanjutnya, dari Bolang (Blogger Kompasiana Malang) – Himam Milladi membawakan tema “Konsistensi Konten Blog”, menurutnyamenjadi Blogger itu mudah, asal konsisten. Dan didalam acara tersebut, Himam Milladi tak pelit untuk membagi tips untuk tetap konsisten menulis.

Sebagai pemateri ke-3, perwakilan dari Blogger Kekinian – Ihwan Hariyanto yang memaparkan tema “Berkah Nge-Blog” yang lebih membedah seluk beluk dan keuntungan dalam menjadi seorang Blogger, serta tips-tips untuk mendapatkan klien.

Terakhir, perwakilan Emak Blogger Malang – Ivonie Zahra berbagi pengalaman bagaimana “Emak Juga Bisa Nge-Blog” di era  digital saat ini.

Tak lupa Smartfren Community Malang juga turut menyumbangkan ilmunya lewat salah satu anggota komunitasnya, Miftah. Menjelaskan serta lebih dekat dalam mengenal komunitas yang di support penuh oleh perusahaan telekomunikasi nasional Smartfren ini.

NEXT

Related posts

Tinggalkan Balasan