Ini Keripik : Begini Cara Andre Taulany Berbisnis Oleh-oleh

Grand Opening Ini Keripik By Andre Taulany

Malang – Batu, Ini Keripik menambah daftar panjang brand lokal yang digawangin oleh para artis tanah air yang ada di Malang Raya. Brand milik Andre Taulany ini resmi diluncurkan ke publik kemarin (11/3) di dua outlet sekaligus, yaitu di outlet Kota Batu, Fariz oleh oleh :  Jl. Sultan Agung 30 Batu dan di outlet Kota Malang, Ruko Suekarno-Hatta Blok 32. Jl. Soekarno-Hatta, Lowokwaru, Kota Malang.

Kenapa Andre Taulany memutuskan untuk terjun di bisnis ini? Dalam press release yang di terima redaksi, Andre Taulany menjelaskan :

Tujuan wisata selalu identik dengan Oleh-oleh. Saat ini, Kususnya di Kota Malang dan Batu, seperti yang kita  ketahui bersama, selain sebagai kota Pelajar, Malang – Batu juga dikenal sebagai kota Wisata. Sebagi kota destinasi wisata, baik lokal maupun manca negara, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan bisnisnya.

Saat ini juga sedang “happening” pastry / cake atau kue artis kekinian yang digunakan sebagai oleh-oleh dari kota tujuan wisata dimana produk tersebut diciptakan. Sayangnya, jenis oleh-oleh ini di klaim tidak menggunakan bahan pengawet, sehingga hanya bertahan 3-4 hari maksimal 7 hari jika masuk lemari es.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mencoba produk Ini Keripik dari Andre Taulany
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, mencoba produk Ini Keripik dari Andre Taulany. Foto : Arif Maman

Lalu bagaiman caranya menciptakan sebuah produk sebagai oleh-oleh yang seyogyanya juga bisa mengakomodir wisatawan yang cukup jauh dari dimana tempat wisata itu berada, tetapi juga tetap healthy dengan tanpa menggunakan bahan pengawet? “INI KERIPIK” jawabnya!

Semenara itu, dalam sambutannya Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengapresiasi langkah Andre membuka Ini Keripik. “Tadi mas Andre mengatakan bahwa bahannya dari sini (Kota Batu) semua. Itu sangat kami apresiasi dan kami dukung. Produk ini juga bisa menjadi motivasi, khususnya warga Kota Batu. Jangan mau kalah dengan kripiknya Mas Andre,” ujar Dewanti.

Saat ini Kota Batu juga sedang mengembangkan tehnologi pengolahan keripik sayur, sehingga akan menambah varian olahan keripik yang sudah ada.

 

Kenapa Keripik?

Andre Taulany sebagai owner sekaligus brand ambassador punya konsep oleh-oleh ini sebenarnya sudah cukup lama. Meski akhirnya terkesan mengekor dari artis-artis sebelumnya yang sudah terjun di dunia kuliner.

Andre Taulany sadar bahwa karirnya dipertaruhkan dalam bisnis oleh-oleh ini. Sehingga, konsep, kwalitas, rasa bahkan detail sekecil apapun juga menjadi bahan pertimbanagannya.

Andre Taulany melayani pertanyaan wartawan dalam sesi press release Ini Keripik
Andre Taulany melayani pertanyaan wartawan dalam sesi press release Ini Keripik. Foto : Arif Maman

Keputusan untuk memilih keripik juga bukan keputusan yang tanpa alasan, begitu juga memilih Kota Malang! Keripik selain punya masa expired yang lebih lama, sejatinya juga merupakan oleh-oleh khas Kota Malang dari jaman dahulu Bahkan, keripik sendiri menjadi makanan khas di Indonesia, yang banyak negara lain tidak mengenalnya.

Selain itu, source di Kota Malang ini begitu melimpah, bahan baku “Ini Keripik” hampir seluruhnya diambil dari Bhumi Arema. Bahkan untuk variant seafood, kita datangkan dari Malang Selatan.

Tidak hanya itu, proses produksinya pun tidak lepas dari tangan-tangan ahli asli Malang, salah satunya adalah tenaga ahli dari dosen UB, yang berhasil menciptakan alat yang bisa meminimal kandungan minyak yang tersisa dari keripik. Teknologi inilah yang dipakai oleh semua produk “Ini Keripik”.

Hingga akhirnya, orang punya tujuan bisnis, tujuan pendidikan, tujuan wisata di Kota Malang – Batu pasti pulang mencari oleh-oleh khas setempat. “Ini Keripik” bisa menjadi alternative utama oleh-oleh yang pastinya memiliki kualitas produk nomor 1 dan oleh-oleh yang digawangi artis dengan kemasan yang menarik.

Hal-hal tersebut diataslah yang mendasari kuatnya keinginan Andre Taulany untuk memulai usaha kulinernya di Kota Malang. Malang punya oleh-oleh khas berupa keripik, keripik punya masa expired yang cukup lama dan saya cinta Malang, Malang itu apik!

 

Jaringan

Saat ini, Ini Keripik sudah siap bertemu dengana seluruh warga Malang dan sekitarnya di beberapa outlet, seperti :

1. Ruko Suekarno-Hatta Blok 32. Jl. Soekarno-Hatta  Lowokwaru Malang
2. Oultet singosari : Jl.Raya Randu Agung no.11A Singosari
3. Outlet GH : Jl.Perusahaan No.6 Tunjungtirto Karanglo Singosari
4. Outlet Kawi : Jl.Kawi Atas No.23 Malang
5. Outlet Ria Jenaka : Jl.Ir Soekarno No.142 Beji batu
6. Outlet Jatim Park 3 : Jl.Ir Soekarno No.144 Beji Batu
7. Outlet Fariz oleh oleh :  Jl. Sultan Agung 30 Batu (Depan Museum Angkut)
dan punya sambungan telp yang siap melayani 24 jam di nomor : 0341-414589

Kedepan Ini Keripik sendiri juga akan terus memperluas jaringannya dengan membuka outlet di tempat lain dan juga tidak menutup kemungkinan untuk bermitra  dengan pegiat UKM untuk menjadi reseller di outlet yang mereka miliki, baik di Kota Malang maupun diluar kota Malang dan tetap menggunakan Brand “Ini Keripik”.

Baca juga : Farah Quinn – Buka-bukaan soal dapur Queen Apple

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya outlet-outlet rekanan kita ini berada di daerah-daerah wisata dan sekitarnya.

“Ini Keripik” benar-benar akan support pegiat UKM yang ada di sekitar sebagai partner, bukan sebagai pesaing bisnis. “Ini Keripik” dengan sangat terbuka untuk menggandeng para pegiat UKM untuk tumbuh bersama.

 

Varian Rasa

“Ini Keripik” sudah ada 11 varian rasa yang istimewa. Meski sampai saat ini hanya beberapa yang siap untuk di kenalkan ke seluruh masyarakat, karena masih ada formula-formula yang perlu dikembangkan.

Begitu juga untuk variant unggulan (keripik Seafood) yang hanya ada dua varian yang siap, yaitu udang dan cumi, sedangkan untuk ikan dory masih belum siap.

Berbagai varian rasa Ini Keripik
Beberapa varian rasa Ini Keripik

Secara khusus Andre Taulany benar-benar menjaga kwalitas rasa, proses terciptanya 1 varian rasa memang perlu jalan yang cukup panjang. Untuk menentukan layak dan tidaknya diproduksi, “Ini Keripik“ selalu ada test foodnya terlebih dahulu. Keripik ini tidak akan meninggalkan original rasanya, misalnya Keripik Apple Cheese, apelnya akan tetap dominan, meski dibalut dengan rasa keju.

Berikut beberapa varian rasa yang siap menyapa seluruh masyarakat dalam waktu dekat :

  1. keripik apel dengan 4 varian rasa : original, cheese, barbeque, blackpaper
  2. keripik tempe
  3. keripik udang
  4. keripik cumi
  5. keripik ikan dory
  6. keripik mangga
  7. keripik papaya
  8. keripik kentang

Soal harga, produk Ini Keripik tidak akan jauh beda dengan produk-produk sejenis yang beredar di pasaran, alias sangat terjangkau. Lalu berapa sebenarnya harga Ini Keripik? Ini dia daftarnya :

Apel ori Rp 27.500,-
Apel Chesse Rp 28.500,-
Pepaya Rp 29.000,-
Cumi Rp 42.500,-
Udang Rp 34.000,-
Ikan Dori Rp 22.000,-

Ya, meski sudah disiapkan 11 varian rasa, namun hingga saat Grand Opening kemarin, produk oleh-oleh persembahan Andre Taulany ini sementara hanya ada 6 varian rasa. “Kita perlu mengkaji lagi beberapa varian rasa, misal keripik tempe. Kita tahu keripik tempe adalah oleh-oleh khas asli Malang, jadi kita tidak mau main-main dengan ini,  harus ada rasa yang khas dan sempurna.” jelas Andre Taulany

Info update tentang produk Ini Keripik bisa di lihat di :
Instagram @inikeripik.id
Twitter: @inikeripik_id
Fanpage/Facebook: @inikeripik.id
Website: http://inikeripik.id

 

Related posts

3 Thoughts to “Ini Keripik : Begini Cara Andre Taulany Berbisnis Oleh-oleh”

  1. Mantab nih ulasannya… rasanya APik

  2. Kereeen yaaaa..Jadi penasaraaan banget pingin nyoba keripik ini

  3. Btw, aku suka yang rasa udang. Enak karena udangnya utuh

Tinggalkan Balasan