Malang Flower Carnival 2018 – Beautiful Flower of Indonesia

Malang Flower Carnival 2018

Malang Flower Carnival 2018 sudah memasuki gelaran ke-8, dan seperti tahun-tahun sebelumnya event tahunan Kota Malang ini mampu membuat decak kagum penontonnya,selalu memberikan nuansa baru, seakan menguatkan image penyelenggara yang selalu penuh dengan ide baru dalam setiap gelaran acaranya.

Maka tidak heran jika Malang Flower Carnival (MFC) 2018 yang digelar hari Minggu (16/9) ini mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan akan diusulkan kembali dalam 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia untuk tahun depan.

Kostum Malang Flower Carnival 2018 harus menggunakan  75 persen bahandaur ulang.
Kostum Malang Flower Carnival 2018 harus menggunakan 75 persen bahandaur ulang.

Yang menarik di tahun ini, adalah penggunaan bahan daur ulang untuk pembuatan kostumnya. “Untuk acara ini, karakter busana peserta harus berasal dari 75 persen dengan ornamen bunga dan terbuat dari bahan daur ulang sebagai wujud kepedulian dalam pelestarian lingkungan,” ucap Agus Sunanda, pengagas sekaligus Ketua Pelaksana Malang Flower Carnival 2018.

Setiap kostum dari 230 peserta tahun ini harus mengandung 75 persen barang daur ulang. Kostum ini dibuat sendiri oleh peserta sesuai sesuai kreativitas mereka. Setiap kostum diperkirakan memiliki berat paling sedikit 15 kg.

Kostum-kostum yang dilombakan dan ikut parade adalah kreasi yang benar-benar baru dari peserta. Sedangkan peserta yang sudah menang tahun lalu tidak lagi bisa mengikuti lomba tahun ini, namun masih bisa ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Malang Flower Carnival 2018.

Hadiah yang ditawarkan juga tidak tangging-tanggung, yakni uang tunai dengan total Rp. 50 juta untuk enam pemenang kelompok dan satu juara The Best Perform.

Hal ini dimaksudkan untuk memicu kreativitas masyarakat. Dan memunculkan desain baru yang lebih inovatif,”

Agus Sunanda .

Untuk itu, hampir seluruh peserta paling banyak digunakan adalah limbah kain, plastik, spons, dan sandal karena Malang memiliki banyak industri sandal. Selain itu lidi aren juga digunakan untuk ornamen kostum.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para peserta karnaval kali ini juga show off di sepanjang Jalan Ijen, atau  sekitar 800 meter, meski molor dari jadwal (tiap tahun pasti gini), masyarakat tetap antusias untuk menikmatinya, karena kondisi jalan yang lurus dan rindang jadi salah satu alasannya.

Dan bagi saya, gelaran Malang Flower Carnival 2018 ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dengan konsep acara yang cukup baik serta cuaca yang cukup mendukung. Semoga tahun depan Malang Flower Carnival bisa lebih dan lebih baik lagi! Nah, buat yang kemarin belum sempet liat keseruannya Malang Flower Carnival 2018, jangan khawatir, kalian bisa menikmatinya di chanel YouTube dibawah ini. Oh ya, yangan lupa like dan wajib subscribe yaaa…. ^_^

NEXT

Related posts

One Thought to “Malang Flower Carnival 2018 – Beautiful Flower of Indonesia”

  1. […] Malang Flower Carnival 2018 – Beautiful Flower of Indonesia […]

Tinggalkan Balasan