Ngeblog Gitu Gitu Aja? Begini Cara Menciptakan Peluang dari Blog Hingga Menghasilkan

Ngeblog ? Sudah berapa tahun ngeblog dan sudah dapat apa saja? Waduh, bingung nih jawabnya karena belum ada perkembangan yang signifikan. Palingan bisa buat beli jajan aja sudah seneng banget. Padahal katanya ada yang ngeblog sampai bisa beli rumah lho. Oh ya?

Adalah Riri Restiani, salah satu admin Komunitas Indonesian Sosial Blogpreneur (ISB) yang telah berhasil beli rumah dari hasil ngeblog. Ada juga admin komunitas ISB, Dama Vara yang mendapatkan beasiswa dan undangan workshop dari Mozilla di Amerika. Itu pun berawal dari blog.

Jadi, menciptakan peluang dari blog? Bisa banget! Seperti yang disampaikan oleh Tim dari Komunitas ISB di acara Workshop Bersama bahwa blog dapat menciptakan banyak peluang agar kita bisa berpenghasilan. Berlangsung di Gerai Indosat Ooredoo Malang pada Minggu (5/5) acara ini dihadiri oleh blogger Malang dan Surabaya.

Memanfaatkan Blog Untuk Berwirausaha

Cara pertama menciptakan peluang dari blogging adalah dengan memanfaatkan blog untuk berwirausaha. Caranya? Jadilah entrepreneur dan buka usaha yang sesuai passion. Tapi ingat untuk survei terlebih dahulu sebelum kamu memulai usaha.

Agar usahamu bisa berjalan lancar, kamu perlu strategi, guys! Seperti Riri Restiani, beauty blogger dan entrepreneur yang menggunakan strategi berikut untuk meningkatkan penjualan.

  1. Melakukan perencanaan pemasaran
  2. Melakukan promosi dengan memanfaatkan e-commerce atau diskon
  3. Konsisten menjalankan usaha
  4. Selalu berpikir kreatif
  5. Melakukan evaluasi

Menjadi entrepreneur tidak boleh takut mencoba hal baru sehingga kreatifitas bisa terus terasah. Apalagi sekarang banyak banget kan orang-orang yang memulai usaha dengan modal ikut-ikutan. Makanya kamu harus selalu bergaul dengan orang-orang berpikiran positif agar bisa termotivasi.

Setelah konsisten, ulet, dan tekun menjalankan usaha jangan lupa memanfaatkan blog dan media sosialmu untuk meningkatkan penjualan, guys! Misalnya dengan menuliskan review produkmu ataupun melalukan pemasaran melalui blog.

Menjual Jasa Melalui Blog

Bagi kamu yang enggak punya produk untuk dijual, tenang guys! Kamu bisa menjual jasa, seperti menulis dan desain grafis. Asal bukan jasa baca nasib dan kartu tarot aja ya, wkwkwk.

Seperti Dama Vara, IT Support dab Desain Grafis yang memiliki segudang prestasi. Sebagai ahli grafis, Daa berpendapat jika blogger bisa melakukan branding melalui blognya. Caranya? Dengan melakukan desain layout pada blog sehingga blog tampak cantik dan keren. Harapannya sih klien tertarik dengan desain blog yang ciamik.

Pada kesempatan kali ini Dama berbagi ilmu tentang mengedit gambar dengan aplikasi Canva. Ya, aplikasi yang sepertinya familiar di kalangan blogger. Hanya saja tidak semua blogger mau oprek dengan aplikasi yang ternyata mudah digunakan ini. Tinggal buka aplikasi – tambahkan gambar – edit gambar dengan melakukan filter lanjutan, maka kamu akan mendapatkan desain yang sesuai untuk blogmu.

Seberapa pentingnya desain grafis dan layout sebuah blog? Penting banget karena jika blogmu enggak ada manis-manisnya mana bisa mengundang semut, eh pembaca. Pastinya blog disertai gambar yang menarik bisa bikin pembaca kerasan daripada blog yang polosan. Iya apa iya?

Lha wong edit gambar itu lho sudah banyak aplikasinya di android, tinggal meluangkan sedikit waktu untuk mendesainnya sebagai pelengkap postingan blog. Siapa tahu gambarmu bagus dan menarik klien untuk kerjasama, yak an?

Tips Sukses Menjadi Freelancer

Freelancer adalah orang yang bekerja secara mandiri, tidak terikat kontrak atau perjanjian dengan sebuah perusahaan atau Lembaga. Blogger adalah freelancer, bisa bekerja secara lepas dan bebas. Blogger juga dapat dilakukan secara full time ataupun part time.

Sebagai freelancer, blogger dapat menciptakan banyak peluang melalui blognya. Selain menggunakan blog untuk berwirausaha dan menjual jasa, sebenarnya masih banyak peluang yang lain. Misalnya, content placement, sponsor post, google adsense, membuat website, digital marketing, dan lainnya.

Namun, untuk menjadi sukses ada tipsnya lho. Ani Berta, founder Komunitas ISB mengatakan jika ingin menjadi freelancer harus melakukan persiapan sebaik mungkin, membuat rencana kerja, mengatur waktu dengan baik, dan mengatur keuangan dengan bijak.

Ngeblog Gitu Gitu Aja? Begini Cara Menciptakan Peluang dari Blog Hingga Menghasilkan
Para blogger Malang yang sedang berkumpul membahas tentang Ngeblog Gitu Gitu Aja? Begini Cara Menciptakan Peluang dari Blog Hingga Menghasilkan

Nah, sebagai blogger apakah kamu telah melakukan semua persiapan yang telah disebutkan Teh Ani?

Selain itu, Accounting dan Sosial Media Consulting ini memiliki menyampaikan jika freelancer harus memiliki prinsip-prinsip yang menjadi acuan. Diantaranya jeli melihat peluang yang ada, kerja lebih semangat, mudah beradaptasi, fleksibel dalam melakukan pekerjaan, menjadi bos dan karyawan untuk diri sendiri. Selain itu freelancer juga harus inovatif dan kreatif, kuat fisik dan mentalnya, serta proaktif.

Cerdas Mengelola Keuangan

Setelah tahu caranya menjadi freelancer (blogger) yang sukses, kamu kudu tahu juga cara mengelola keuangan secara cerdas. Hal ini dikarenakan blogger tidak menerima gaji rutin seperti karyawan. Jika tidak hati-hati dalam mengelola uang, bagaimana bisa sukses?

Untuk itulah Liswanti Pertiwi membagikan ilmunya tentang Mengelola Keuangan Blogger. Namun, sebelumnya blogger harus tahu tujuannya memperoleh penghasilan dari blog. Akan digunakan untuk apa uangnya nanti? Setelah itu barulah blogger bisa mengelola keuangannya secara cerdas.

Teh Liswanti menyarankan blogger untuk membuat pos-pos keuangan. Misalnya pos zakat, pos biaya hidup, pos investasi, dan lainnya dimana prosentasenya bisa kamu tentukan sendiri. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran secara rutin. Pencatatan bisa dilakukan secara manual atau menggunakan aplikasi.

Setelah keuangan dapat dikelola dengan baik dan benar, blogger dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan.

Itulah cara menciptakan peluang dari blog hingga menghasilkan, kalau kamu punya cara lain yang lebih mudah, sharing di kolom komentar yuk!

NEXT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here