opening ceremony dari Tong-Tong Night market yang menampilkan berbagai kekayaan budaya Indoensia
opening ceremony dari Tong-Tong Night market yang menampilkan berbagai kekayaan budaya Indoensia

Tong-Tong Night Market – Berbicara tentang Kota Malang yang menyimpan segudang sejarah mulai dari budaya hingga peniggalan heritage lewat bangunannya, kini banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih dipertahankan bentuk aslinya. Bangunan-bangunan ini bisa berupa rumah pribadi, sekolah, sampai bangunan hotel. Salah satu hotel yang masih mempertahankan heritage bangunannya selain Hotel Tugu Malang adalah The Shalimar Boutique Hotel.

Hotel Shalimar sendiri turut mengusung dan membudayakan peninggalan heritage Kota Malang. Hotel yang letaknya di pusat Kota Malang ini punya 44 kamar elegan dengan sentuhan gaya interior kolonial bertaraf internasional. Bukan hanya mempertahankan bangunannya tapi juga lewat salah satu event tahunannya Tong Tong Night Market.

Apasih Tong Tong Night Market ?

Acara ini merupakan adopsi dari Tong Tong Fair yaitu acara tahunan yang diselenggarakan WNI yang tinggal di Belanda, menyajikan aneka makanan lokal Nusantara serta berbagai live performance. Lalu pemilik Hotel Shalimar yang dulu pernah tinggal di Belanda mengadopsi Tong-Tong Fair menjadi Tong-Tong Night Market.

Salah satu sajian menu di Tong-Tong Night market yang bisa di nikmati oleh para pengunjung.
Salah satu sajian menu di Tong-Tong Night market yang bisa di nikmati oleh para pengunjung.

Tahun ini Tong-Tong Night Market mengusung tema Urban Cultural Heritage yang bermakna perpaduan wisata budaya histori dan kontemporer yang disatukan dan tampil sebagai bagian dari penafsiran kembali wisata budaya lokal. Lokasi acara ini outdoor, tepat di depan Hotel Shalimar yang mana juga memiliki area taman segitiganya.

Memasuki area Tong-Tong Night Market, kita disambut jajaran kru dengan bersanding nuansa jawa timuran seperti batik dan kebaya. Salah satu property yang menggambarkan jaman dulu langsung terpampang lewat mobil VW yang terpajang di area depan kawasan Tong-Tong Night Market.  Selain itu di pintu masuk terdapat peta lokasi serta berbagai booth makanan lokal dengan sentuhan dekorasi lokal juga. Ada berbagai stand makanan mulai kuliner Nusantara sampai menu western.

Acara dibuka dengan meriahnya Tari Rancak Malangan oleh Joko Roro Kabupaten Malang dilanjutkan dengan pidato pembukaan oleh Bapak Sofyan Edi selaku Wakil Wali Kota Malang. Nantinya aka nada penampilan meanarik oleh berbagai seniman Malang seperti tarian maupun alunan music. Uniknya sistem pembayaran tidak memakai uang asli namun kita harus menukar uang rupiah kita dengan mata uang “Gulden Shalimar” (GDS) seharga 8000 rupiah per satu gulden nya. Harga yang tertera di setiap booth juga menggunakan mata uang gulden Shalimar seperti satu gulden, dua gulden dan seterusnya.

Menu-menu yang tersedia beragam mulai dari nasi uduk, Bebek Sinjay, tahu telor, nasi goreng, Kupang Kraton, bakso, batagor, dan lain sebagainya. Bahkan kita bisa langsung nyicip makanan khas Hotel Shalimar sendiri karena juga membuka booth dengan berbagai menu seperti sajian minuman tardisional wedang secang, wedang cendana, sinom, dan jamu lainnya dengan harga satu gulden saja. Menu makanan berat seperti berbagai nasi bisa kalian nikmati hanya dengan 2-3 gulden saja.

Tong-Tong Night market juga menghadirkan kelas membatik di booth batik soendari
Tong-Tong Night market juga menghadirkan kelas membatik di booth batik soendari

Bukan Cuma stand makanan aja, kalian bisa menelisik area kreatif yang mana menyajikan berbagai produk lokal seperti Keramik IAC Malang, Kreasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang, serta Batik Soendari. Gausa khawatir, kalian bisa tetep update di sosmed kalian masing-masing karena  Tong-Tong Night market juga bekerja sama dengan Biznet yang menyediakan ful akses Wi-fi selama acara berlangsung.

Acara ini bakal terus berlangsung sampai besok nih start pukul 15.00-22.00 WIB, ada challenge juga bagi pengujung untuk berfoto dengan VW kombi milik Hotel Shalimar dan unggah di Instagram kalian. Bagi yang beruntung bakal dapat free voucher untuk menginap di Hotel Shalimar. Besok aka nada berbagai penampilan menarik juga, so jangan lupa mampir!

NEXT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here